JAKARTASATU.COM – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melakukan penyemprotan desinfektan untuk Cekal (Cegah Tangkal) Corona hari ini (Jumat, 20/03) sasar wilayah Utara Jakarta, tepatnya di Sekolah Dasar Negeri 23, (SDN Rawa Badak Utara 23) dengan jumlah ruangan 15 buah.

SDN Rawa Badak Utara 23 merupakan sekolah yang pertama di wilayah Utara Jakarta untuk dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan. Yamin perwakilan Tim DMC Dompet Dhuafa mengatakan “Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus di terapkan di kehidupan masyarakat di Jakarta, selain itu penyemprotan desinfektan ini dilakukan dalam upaya Cekal (Cegah Tangkal) Corona karena sekolah merupakan area penting aktivitas yang melibatkan banyak masyarakat baik murid, guru maupun orang tua yang mempunyai potensi terjangkit virus Corona, kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman baik bagi mereka”.

Nurmiyati sebagai Kepala Sekolah SDN Rawa Badak Utara 23 mengatakan, ” Adanya kegiatan penyemprotan disinfektan sangat membantu upaya pencegahan dari virus Corona di sekolahan kami, hal ini juga dapat menambah kenyamanan dan keamanan para murid dan guru-guru saat masuk nanti”.

“Sebelumnya semua murid sudah diliburkan sejak pengumuman pemerintah terkait makin meluasnya dampak dari virus Corona, para  murid berlakukan untuk belajar melalui (home learning) rumah masing-masing serta aktivasi belajar dengan sistem online, ada hal minim dengan sistem seperti ini semua murid belum tentu bisa mengakses melalui online karena sebagian murid tidak memiliki handphone atau gudget.

Sterilisasi sudah masuk Minggu ke dua, Dompet Dhuafa (DD), sadar akan panggilan tugas kemanusiaannya sebagai lembaga filantropi Islam, mulai Ahad, 15 Maret 2020 malam kami meluncurkan aksi CEKAL (Cegah Tangkal) Corona dengan melakukan penyemprotan desinfektan ke tempat-tempat umum, terutama tempat ibadah semua agama seperti halnya kemarin sudah dilakukan penyemprotan desinfektan maupun sterilisasi di Masjid Al Jihad, Ciputat pada Sabtu, Vihara Avalokitesvara, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan hingga Gereja Santo Tomas, di Pondok Labu.

Dilanjutkan pada hari berikutnya dengan penyemprotan desinfektan ke angkutan masal seperti LRT, Trans, Gedung-gedung sekolah, pemukiman warga dan beberapa perkantoran. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

DD pun menyiagakan 30 unit ambulan, 8 rumah sakit, 21 klinik dan layanan kesehatan untuk melayani masyarakat, dan merujuk ke rumah sakit yang ditunjuk bila ditemukan indikasi Covid-19. |RNZ-JAKSAT