Lockdown untuk Cegah Virus ke Daerah Lain

0
47

JAKARTASATU.COM– Politisi Demokrat, Jansen Sitindaon tampaknya sepakat bila pemerintah menerapkan lockdown untuk mencegah meluasnya coronavirus—covid-19. Terlebih ketika ia mendapat kabar bahwa telah ada warga Jakarta yang (diduga) mengungsi ke daerah (akibat Covid-19), maka lockdown dianggapnya solusi untuk mencegah.

“Pagi barusan saya di WA teman saya Angga dari Gunung Kidul. Dari percakapan pendek ini semoga kita semakin memahami ‘arti pentingnya lockdown dalam menangani wabah corona ini’. Sehat selalu untuk kita semua,” demikian cuitannya, Selasa (24/3/2020).

Menurut Jansen, akan berat situasi ini kalau tidak ada sikap tegas.

“Kebiasaan kita di Indonesia ini: kalau lagi libur itu ya Pulkam jumpa keluarga. Atau kalau dirantau lagi bokek tak ada kerjaan ya kembali ke kampung, yang lebih berat lagi kalau mamak nonton di TV Jakarta lagi tidak aman, pasti disuruh segera pulang.”

Berat memang situasi ini. Hukum saja kadang masih dilanggar, apalagi hanya sekedar himbauan. Dan kebiasaan kita di Indonesia ini kalau situasinya libur yang paling enak itu memang pulang kampung.

“Atau kalau dirantau lagi tidak punya uang dan kerjaan, ya, kembali ke kampung.”

RI-JAKSAT

Facebook Comments