Fadli: Tidak Hanya Covid-19, Kita Juga Menghadapi “Wabah Kedunguan”

0
899

JAKARTASATU.COM– Politisi Gerindra, Fadli Zon mengatakan bahwa saat ini kita tidak hanya menghadapi wabah Covid-19, melainkan kita juga sedang menghadapi “wabah kedunguan” di tingkat atas.

“Kalau tak ada ‘wabah kedunguan’ mungkin lebih cepat mengatasi wabah Covid-19,” demikian katanya, Ahad (29/3/2020), di akun Twitter-nya.

Twitter @fadlizon

Padahal dia pernah mengingatkan pemerintah terkait kesigapan menghadapi coronavirus. Yakni membuat rantai komando khusus dan mitigasi bencana virus corona.

Hal itu (diingatkan) ketika sedang menghadapi Konferensi Parlemen Negara Islam di Ougadougou, Burkina Faso, Afrika, 29 Januari lalu. Berikut di antara cuitannya tersebut dengan judul: “PEMERINTAH PERLU BENTUK RANTAI KOMANDO KHUSUS UNTUK MITIGASI ISU CORONA”:

Pemerintah cenderung lamban dalam menyusun kebijakan mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona. Hingga hari ini (29 Januari 2020) misalnya, belum ada satupun kebijakan yg bersifat menentukan terkait persoalan tsb.

Padahal, sudah ada enam negara tetangga kita sudah terpapar kasus Corona, yaitu Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Singapura dan Australia. Kebijakan di saar “complex emergency” memerlukan kecepatan dan ketepatan termasuk koordinasi antar sektor.

Selain itu, Pemerintah juga belum memberikan travel warning bagi WNI yg ingin bepergian ke Cina. Peringatan hanya diberikan khusus bagi mereka yg hendak mengunjungi Provinsi Hubei saja, terutama kota Wuhan.

Padahal, sejak pekan lalu virus Corona telah menyebar ke 30 dari 31 provinsi di Cina. Pemerintah seharusnya lebih responsif dan sensitif mengantisipasi berbagai kemungkinan.

RI-JAKSAT