Mengambil Hikmah dari Corona

0
189

Ada yang sudah banyak yang paham tentang wabah ini. Makin banyak orang yang terdampak, ada yang sembuh ada juga yang meninggal. Para medis dan dokter terdepan di gardanya. Tak perlu nyalihin siapa-siapa kita berkhimat saja pada kenyataan yang ada. Jaga jarak dan hidup dirumah dulu saja. PSBB adlah langkah adan anjuran negara meski belum semua wilayah.

KItam ambil hikmah dari semua ini. Saya yakin Corona akan berlalu. Kita harus bersyukur untuk terus merasa bisa berdoa agar semua yang telah meninggal akan ditempatkan disisiNYA. Kita juga harus melihat  ini sebagai satu peristiwa besar dunia. Karena bukan negara kita saja yang terkena. Kita tahu kita melihat ada yang lalai saat Corona meledak di negeri luar sana. Ada yang bilang tak masuk, ada yang bilang harus banyak makan touge ada juga makan nasi kucing, susu kuda liar dan lainnya. Stop lah berseloroh tak penting.

Kita juga melihat ini satu teguran. Satu tanda apa nantinya kita tak tahu. Kita harus bersyukur saja kepada sahabat yang kini makin rame di medsos. Dan juga tim ahli yang memantau ternyata suka juga yang mengumpulkan berita-berita hoax sampai diinvestarisir setiap waktunya. Ojol ramai menuntuk ingin jalan terus, transporasi jadi polemik.

Ramai juga pengalangan, baik tim yang biasa maupun sejumlah komunitas baru. Bahkan negara minta bantuan. Untuk yang ini saya no comment. Corona adalah cerita yang akan jadi sejarah panjang. Didunia ribuah sudah meninggal, eh ada juga pejabat yang bilang bahwa Indonesia kurang dari 500 orang dari penduduk yang 270 juta. (Catatan sampai hari ini 520 loh yang meninggal…Halu,,,) yang bilang itu biar juga. Kok diakan pejabat hebat. Meski adu kritik dan main lapor. Tapi ada yang dilaporan karena tim khusus kok Bareskrim menolak laporannya. Ada sebuah aplikasi prakreja yang juga tanpa tender 5.6 T dan masuk tuh barang jadi dimainkan oleh yang punya Ruang Guru dan proyek ini dikerjakan tanpa tender.

Saya baru nenenggok dilamannya ruang dimana meraih pendanaan seri C Rp 2,1 Triliun dilama Ruangguru 26 Dec 2019 tertulis Ruangguru, adalah platform belajar online terbesar di Indonesia, hari ini mengumumkan pendanaan Seri C sebesar Rp 2,1 triliun. Seri pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan investasi (Growth equity) global General Atlantic dan perusahaan modal ventura global GGV Capital, serta EV Growth, UOB Venture Management, dan sejumlah investor lainnya. Silakan cek siapa GGV Capital dan EV Growth itu. Pendanaan ini menegaskan posisi Ruangguru sebagai yang terdepan di sektor teknologi pendidikan, dan pendanaan akan digunakan untuk mendukung pengembangan produk dan layanan Ruangguru di Indonesia dan Vietnam.

Pantas kalau ruangguru ini melejit. Dananya luar biasa. Iklan di media TVC gencar, semua orang membicarakannya. Tapi tahukan Anda berapa Bimbingan belajar yang gulu tikar? Ah sudahlah…

Kini RG dapat proyek kartu prakerja dengan angka 5,6 T makin buncitlah…, tapi kenapa kok bisa tanpa tender. Belakang diakui siap mundur. Mundur dari mana?  Om Direktur Utama Ruangguru Belva Devara, dari Tim Khusus anak muda Istana atau dari mana?

Memang mengambil hikmah dari Corona itu banyak ada yang cari untung ada juga yang cari-cari panggung. |RNX

Facebook Comments