Hanafi Rais, Bukan Hanya dari Pengurus PAN tapi Juga Mundur dari DPR RI

0
10348
Hanafi Rais/ist

JAKARTASATU.COM – Putra Amien Rais yang juga Ketua Fraksi Partai Amanat (PAN) DPR RI, Hanafi Rais, secara mengejutkan menyatakan mundur dari DPR RI periode 2019-2024. Tak hanya di DPR, Hanafi juga mengundurkan diri dari kepengurusan PAN periode 2020-2025 padahal di didapuk oleh Zulkifli Hasan jadi Wakil Ketua Umum.

Hanafi Rais merupakan putra sulung dari mantan Ketua MPR RI, Amien Rais. Ia juga merupakan anggota DPR RI sekaligus menjadi Ketua Fraksi PAN DPR RI. Di kepengurusan periode 2020-2025.

Dalam suratnya yang diperoleh Redaksi disebutkan “Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024,” kata Hanafi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/5/2020). Isinya sebagai berikut:

Dalam surat tertanggal 5 Mei 2020 bermaterai 6000 itu, Hanafi mengungkapkan alasan dirinya mundur dari kepengurusan dan DPR RI. Salah satunya, karena PAN masih dekat dengan kekuasaan.

PAN dianggap telah melewatkan momentum untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Apalagi, banyak kader PAN yang ingin partai tersebut berada di luar kekuasaan sebagai oposisi.

“Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan,” ujar Hanafi.

Dalam surat itu, Hanafi juga menyinggung soal Kongres V PAN yang digelar di Kendari pada Februari lalu. Dirinya menaruh harapan besar terhadap PAN pasca-kongres.

Harapan dan ikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

“PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati diri apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridho dengan partai ini,” ungkap Hanafi.|HL/RNZ

Facebook Comments