Ketergantungan Indonesia ke Cina

0
430

JAKARTASATU.COM– Mantan Anggota DPR RI, Roy Suryo mengatakan bahwa Indonesia harusnya bisa lepas dari ketergantungan Negara lain seperti Cina agar berani mengambil sikap tegas untuk melindungi rakyatnya. Hal ini ia sampaikan sebab ada informasi yang didapat ada warga Indonesia (ABK) dibuang ke laut dari kapal Cina.

“Tweeps,

Belum lagi mau mendesak utk Berani menuntut ke China, ini malah ada Kasus baru lagi.

Sekarang sedang Viral Video Pembuangan Jenazah 3 ABK WNI dari Kapal China yg dipublikasikan Media2 Korea,” katanya, Rabu (6/5/2020).

Pernyataan ia itu bersinggungan dengan adanya beberapa Negara yang menuntut Cina atas coronavirus, tetapi Indonesia malah tidak ikut serta.

“Apakah ada yg tahu pasti?

Kira2 #Pekingese bakal kaing-kaing tdk ini kalau Masyarakat mendesak Presiden @jokowi ikut menuntut negara asal COVID-19 ini?

Ayo #BersamaLawanChineseVirus,” kata dia lagi, ketika mengomentari berita di salah satu media dengan judul: “Sejumlah Negara Mulai Tuntut China Soal Penyebaran COVID-19”.

Walaupun berita itu hadir beberapa waktu lalu, namun tampaknya Roy ingin Indonesia ikutserta bersama Negara yang menuntut Cina agar, kembali ditegaskan ketergantungan itu tak lagi hadir.

“Tetapi kok saya blm mendengar kalau Indonesia ikut ya?”

Dari dua informasi yang Roy amati, sesungguhnya patut diperhatikan, karena ini menyangkut keselamatan rakyat Indonesia secara menyeluruh. Pemerintah Jokowi harus mempertimbangka ambil sikap tegas.

RI-JAKSAT