Penyakita Jiwa, Histrionik

0
413

JAKARTASATU.COM– Ada satu jenis penyakit jiwa yg disebut HISTERIONIK.

Oang yang dihinggapi penyakit ini secara sepintas lalu terlihat seperti orang yg normal pada penampilannya. Tidak seperti orang gila yang penampilannya awut awutan.

Dalam dirinya terselip perasaan bahwa dirinya tidak hebat. Self Convidence dalam dirinya lemah, tidak yakin diri. Dia selalu terombang ambing dalam keraguan apakah dia mampu mempengaruhi orang dengan bicara, penampilan dan sikap prilakunya selama ini. Ada gelora di hatinya ingin diperhatikan secara berlebih dari orang lain kepada dirinya yg melebihi dari perhatian orang terhadap orang lain.

Kemudian dia pun menciptakan tingkah laku yang dapat membuat orang banyak geger. Kalau bicara dibuat buat biar orang yang mendengar akan terkesima lalu uplause tepuk tangan yg meriah. Maka dia menempuh cara cara yg tidak lazim krn takut dikira orang meniru niru orang lain. Jadilah tingkah lakunya menjadi aneh aneh di keramaian. Dia akan berakting untuk menarik perhatian orang dgn perlakuan diri yg aneh pula.

Jika memberi sedekah misalnya, dia senang memakai cara yg aneh. Tengah malam buta, lalu disiarkan sedemikian rupa. Atau main lempar lempar biar orang orang miskin yg menerimanya heboh dan berebut rebut apa yg dia lemparkan. Bahkan bisa jadi dia menaburkan uang di keramaian dari mobilnya atau bahkan dari pesawat terbang charteran yg disewanya. Tujuannya biar semua jadi heboh dan geger.  Dan, kemudian timbullah rasa puas pada dirinya. Bahkan terkadang dia lalu merasa super setelah melakukan itu.

Dasar sakit jiwa…

Medan, 9 Mei 2020

Ustaz Tengku Zulkarnain