McDonalds Sarinah itu Tutup, Ini Kisah Lainnya

0
740

CATATAN JAKARTASATU

Tahukan McD Sarinah. Ya McDonalds Pertama di Indonesia itu. Adanya di kawasan Thamrin Jakarta Pusat. Nah McDonalds Pertama di Indonesia ini pada 10 Mei tahun ini tutup.

MCD SARINAH PERTAMA DI INDONESIA

Siapa yang bermain dalam pengusiran McD Sarinah (MDS) dari sebuah gedung yang berlokasi lumayan strategis di bilangan Jalan Thamrin Jakarta Pusat? Tentu ini menarik kalau mau ditelisik lebih dalam, kenapa hanya MDS yang menjadi sorotan berlebih dari masyarakat, padahal disana juga ada tiga puluh lebih gerai tenant. APakah karena MDS punya sejarah sendiri?

Informasi mengatakan bahwa penutupan MDS karena adanya rencana renovasi gedung dan nantinya setelah selasai, semua tenant yang masih mempunyai hak sewa atau perpanjang penyewaan tentunya akan dikasih tempat kembali dengan ketentuan syarat 40 persen menjual produk produk lokal.

Sarinah adalah BUMN yang bergerak dalam industri ritel yang digagas pendiriannya oleh Presiden Pertama Republik ini pada 17 Agustus 1962, tujuannya untuk kegiatan perdagangan dan distributor barang-barang kebutuhan pokok rumah tangga menengah atas, tidak heran lokasi pembangunannya pun disekitar kawasan perumahan elit Menteng.

Kembali ke soal permainan penutupan MDS. Benarkan ada kelompok yang bermain semenjak gedung ini berdiri, dan semua pemain pernah tampil sebagai tuan besar selain mempunyai gerai, tentunya. Diduga paling tidak ada tiga kelompok yang tercatat pernah berdiri dan berkuasa disana, ketiganya adalah Genk California, Genk Texas dan Genk Kentucky.

Kementerian BUMN sejak dibawah kepemimpinan Erick Thohir banyak melakukan restrukturisasi hampir di semua unit-unit usaha milik negara ini, menurutnya banyak yang tidak sesuai dengan core bisnisnya sehingga perlu adanya perombakan besar besaran. Dan Sarinah menjadi salah satu yang ditarget untuk dipugar, baik dari core bisnis juga modernisasi guna mengikuti perkembangan teknologi dan informasi.

Dalam beberapa hari terakhir, khususnya yang di jagat maya pada kepo soal  tutupnya permanen sebuah gerai waralaba yang sudah menempati pojokan sisi kanan gedung, yaitu MDS. MDS ini milik kelompok dari Genk pertama (California) sebelum diakusisi ke pihak pemegang merk saat ini. California, ini adalah sekumpulan pemuda yang baru datang dari study di kawasan lembah diantara Pasadena dan Beverly Hills yang terkenal dengan banyaknya pohon-pohon palem menjulang indah dan nyaman, coab deh datang kesana pasti sangat enjoy.

Sekumpulan anak Genk California secara bisnis cukup berhasil bahkan sampai sukses membuat MDS ini, yang pada akhirnya bersayap dengan membuat cabang dan merk baru. Sementara, di gedung yang sama tidak cukup dengan adanya MDS, maka di datangkanlah Cafe Franchise yang identik dengan sajian musik dengan mozaik-mozaik guitar di dinding. Tentunya semua orang paham untuk ini.

Semakin bersayap dan mendatangkan merk baru, membuat Genk california renggang dan pisah diantara anggotanya, dan lahirlah kemudian Genk Texas. Ternyata permasalahan hobi menjadikan perpisahan ini terjadi, jika California sukanya bisnis dan tongkrongan maka Texas beda tabiat, selain nongkrong juga pecinta balapan. Uniknya meski sudah pecah tapi dua kelompok yang tadinya satu tetap bersahabat dan masih menjadikan Gedung ini sebagai tempat bisnis dan markas sekaligus.

Di era Genk Texas terbentuk dunia balap mobil tanah air lagi digandrungi kalangan jetset saat itu, bahkan sejarah mencatat produk industri mobil nasional pertama diluncurkan di gedung ini. Tahu kan mobil apa itu?

Pertengahan 90an berdatangan kerabat serta saudara saudari berbeda angkatan secara usia dari kedua Genk Texas dan California, mereka ini umumnya lahir di akhir tahun 1960an dan sesudah membawa semangat dan gaya hidup berbeda pula. Karena masih ada ikatan persaudaraan, maka tidak heran para kerabat yang lebih muda ini dikasih kesempatan untuk bergabung secara bisnis maupun pengelompokan. Karena adanya pola pikir dan gaya tongkrongan, saudara-saudari ini lebih menonjolkan ekspresi berbeda. Mereka pada akhirnya buat Genk baru dengan nama Kentucky.

Genk Kentucky membawa warna baru buat suasana Sarinah, industri media dan hiburan sangat menonjol untuk ditampilkan, dengan jaringan para saudara-saudara senior yang tajir melipir. Radio, Majalah dan TV lini media lainnya –sayang TV agak gagal karean keburu dijual dan share saham– jauh dikembangkan untuk memenuhi segmentasi yang semakin berwarna di masayarakat. Secara bisnis Genk terakhir ini sangat oke, disaat kebutuhan hiburan dinanti, mereka menjawab tantangan dengan sangat cemerlang dan berhasil secara keberlangsungan usaha.

MDS malam itu (10 Mei 2020) tepat pukul 22.00 resmi ditutup, entah akan buka kembali atau tidak setelah renovasi selasai. Namun ini sebuah tanda tentunya keramaian MDS disuarakan, dibumbui kenangan maupun kisah sejarahnya, Bak story telling, malam itu sejumlah orang mbludak nampaknya itu hanya pengalihan saja dari sebuah simbolitas sebuah kejayaan tiga kelompok Genk yang pernah berkumpul disana? (padahal peta negara Ibukota Jakarta dalam PSBB, tapi kok tak ada teguran ya, pedangan kaki lima saja disuruh bubar dagang kaum ini happy-happy aja).

Kembali ke MDS, kita tidak tahu, apa yang terjadi setelah ini begitu pun siap pemain dibelakang. Seharusnya ada arena balapan di bulan juni ini, tapi karena ada Pandemic dibatalkan, di akhir tahun Masih ingat Garuda kan, ada kehebohan kasus penyelundupan Brompton dan Harley Davidson, dan Jumat 8 Mei 2020 ada yang di vonis enam tahun karena kasus suap pengadaan mesin Roll Royce (RR) buat Garuda. Baik yang akan menyelengarakan balapan maupun yang baru divonis tersebut, semuanya pernah membuat kelompok Genk di Sarinah dan memulai dengan bisnis MDS. Maklum kita tahu bahwa MCD Sarina adalah yang pertama di tanah air Indonesia.

MDS RESMI UMUMKAN TUTUP

Akun resmi Twitter Mc Donald’s Indonesia @McDonalds_ID Keputusan mengumumkna tutup. Dalam pengumuman tersebut, McD mengunggah sebuah foto dengan keterangan: Terlalu banyak cerita dan juga kenangan yang pernah kita lewati bersama di sini. Mulai dari berbagi kesedihan sampai kebahagiaan. McDonald’s Sarinah – Thamrin menjadi McDonald’s pertama di Indonesia dan hampir 30 tahun hadir untuk membagi kebahagiaan untuk semua.

Kisah sedih dan penuh kenangan bagis sebuah resto makanan cepat saji ini menjadi gerai McD pertama dan tertua di Indonesia. Beroperasi selama 30 tahun atau sejak 1990.

Dalam keterangan berikutnya, McD menuliskan jika penutupan ini merupakan permintaan dari manajemen gedung Sarinah. Surat resmi tertanggal 30 April 2020 itu mengatakan jika gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk segala momen kebersamaan yang tak akan terlupakan di #McDSarinah. Wajah tersenyum dengan mata tersenyum,” unggahan ini pun mendapat respons sedih dari para warganet.

Bahkan seorang netizen membagikan foto petinju legendaris Muhammad Ali yang berkunjung ke gerai McDonalds Sarinah. Dalam akun itu unggahan foto dimana sang lengendarai petinju dunia Muhammad Ali  mentraktir warga Jakarta di MCD Sarinah pada tahun 1996 McD Sarinah.

MDS pernah di kunjungi mantan petinju Muhammad Ali McD Sarinah dalam linimasa itu  Foto itu memperlihatkan Muhammad Ali mengenakan baju berwarna kuning. Ia memesan di kasir, pegawai McDonalds tampak antusias melayani petinju legendaris tersebut. Beberapa netizen pun menanyakan berapa harga makanan McDonalds saat itu.

Sampai akhirnya malam Minggu (10/5/2020) pukul 22.00 WIB sejumlah warga Ibu Kota meramaikan area luar McDonald’s Sarinah untuk menyaksikan penutupan gerai ayam goreng cepat saji ini secara permanen.

Pihak manajemen MDS memberikan cenderamata kepada seorang pelanggan terakhir. Dan secara khusus melakukan penguncian pintu masuk gerai secara simbolis, sebagai tanda berakhirnya operasional restoran itu, untuk selamanya.

Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonald’s Indonesia Michael Hartono mengatakan manajemen Sarinah akan melakukan perubahan strategi bisnis dan renovasi terhadap gedung pusat perbelanjaan yang diduga sebagai salah satu cagar budaya Indonesia. “Secara resmi McDonald’s akan menutup restoran di Sarinah Thamrin tersebut secara permanen pada hari Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB,” ujar Michael. Dan Michael memastikan bahwa pihaknya akan mempertahankan para karyawan McDonald’s Sarinah dengan merelokasinya ke gerai lain di wilayah Jabodetabek. Selamat tanpa PHK.

Namun soal PSBB Jakarta, Aksi ini pun sempat viral di media sosial. Masyarakat tampak ramai berkumpul, padahal sedang ada pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PIhak kepolisian dalam hal ini Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, kegiatan itu sebenarnya spontan, bukan sesuatu yang direncanakan. “Itu semua spontanitas, kan Sarinah disebut sebagai mal pertama, dan itu McD pertama juga di Indonesia,” kata Yusri, Senin (11/5).

Yusri menyebut anggota Polri bersama TNI dan Satpol PP sudah melakukan tindakan pembubaran. “Warga pun patuh, ketika diminta bubar, mereka membubarkan diri,” sambung Yusri. Ketika ditanya, apakah ada warga yang diamankan karena melanggar PSBB, Yusri menyebut tidak ada. Pasalnya, kegiatan itu spontan, beda hal apabila sudah direncanakan. “Tidak mungkin dihukum, spontanitas aja, kecuali ada yang mengundang (datang). Jadi, kami hanya datang ke sana, kami bubarkan,” tandas Yusri. Hmmmm. Baiklah….!!!

Tapi yang sudahlah…. #Alhamdulillah pesanan Ayam California, Texas, dan Kentucky sudah sampai. Siap Santap sahur.

NANDANG/JAKSAT

EDITOR AM