NGOPI PAGI: NASI

0
970
Adegan Video Clip PROKLAMASI NAN AGUNG/dok NASI

#CATATANJAKARTASATU

Kawan baik saya,  mengirim video tentang lagu “PROKLAMASI NAN AGUNG” sekitar tiga hari lalu.  Sebuah video clip dalam kemasan yang apik. Meski belum sempurna nampaknya. Video ini membawakan lagu dari teks “Proklamasi” ini sebuah lagu yang bukan ganjil namun mengejutkan bagi saya, karena belum pernah nampaknya sebuah pidato atau sebuah deklarasi dibuat menjadi lagu. Lagu ya, bukan mars, sebuah yel-yel setidaknya begitu, tapi tolong kasih tahu jika sebelumnya memang sudah ada.

Yang memproduksi adalah kelompoknya NASI kepanjangan dari Nasionalis Agama Sosialis Indonesia. NASI adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berbadan hukum dibidang seni untuk memperjuangkan perasaan berbangsa dan bernegara. NASI memiliki Visi untuk memperkokoh perasaan nilai-nilai berbangsa dan bernegara. Tujuan dibentuknya NASI adalah mengembangkan perasaan nilai-nilai berbangsa dan bernegara secara edukatif, informatif dan rekreatif.

NASI berusaha mengembangkan bentuk seni agar nilai-nilai berbangsa dan bernegara memasuki sanubari masyarakat Indonesia pada khususnya dan kemanusiaan dunia pada umumnya. NASI diawali dengan proyek-proyek lagu yang berusaha menghayati narasi berbangsa dan bernegara diantaranya melalui teks-teks Proklamasi, Pancasila, Sumpah Pemuda, Pembukaan UUD 45 dan UUD 45.

LAGU “PROKLAMASI NAN AGUNG”

Bahwa lagu #PROKLAMASI NAN AGUNG” yang dinyanyikan oleh Ivan Garda dibantu duo backing vocal Brain Mahesa dan  Sonny Muhammad. 

Ivan Garda membawakan lagu ke fals-an yang juga diakuinya dalam video itu di credit title.  Namun ia sudah berani tampil dan mengejutkan. Paling tidak visual dalam video telah membantu sang vocalis dan duo pendukung tadi.

Namun bukan itu  maslaahnya secara visual saya melihat video ini bolehlah dan mewakili rasa yang ada. Meski editing masih harus dieksplorasi lagi, karena yang pokok dari ini memadukan data visual lama film-film dari arsip nasional RI tentang  sejumlah visual jejak proklamasi. Editi aga kurang mengolah lebih nakal dan kreatif. Tapi ini sudah mendekati sempurna kok.

Sebagai vocalis Ivan sudah punya ambisi kuat di vokalnya dan ini bisa lebih menarik jika nanti akan lebih memiliki kekhasan, atau gaya dia mungkin begitu. Saya tak melihat power namun ada semangat. Power dalam energi vocal penting, seperti sebuah aktor saat mentas di pangung akan beda dengan di layar perak. Kekuatan dalam power itu adalah keakuan, namun bukan prototype. Jadi secara ke-eksistensian katakan group NASI ini memang meski nama baru di dunia musik. Patutlah di beri ruang besar. Semangatnya akan menjunjung tatanan kebangsaan menjadi rasa baru, dan memang kita perlu musik perjuangan yang inovatif, kreatif dan cerdas.

Dan NASI masuk dengan eksistensi mendompleng momen besar bangsa ini yang sedang merayakan kemerdekaan RI. Itu sah dan inilah menjadi catatan khusus.

“Lagu ini dibuat agar kita senantiasa mengingat dan merasakan Teks Agung bagi seluruh Rakyat Indonesia yaitu Proklamasi. Sebuah susunan kata dan susunan kalimat penegas yang menjadi pembeda dari situasi terjajah dan takluk pada bangsa asing menjadi bangsa yang merdeka dengan upaya terus-menerus untuk tidak takluk pada bangsa asing,” kata Sony teman saya yang kasih video clip ini saat dialog dengan saya.

Bagi saya NASI adalah sebuah langkah yang luar biasa. Mereka punya niat baik dengan membangun rasa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan membangun ruang lewat lagu. Coba kita simak teks dibawah ini.

PROKLAMASI
Kami Bangsa Indonesia, dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain,
Diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus Tahun 1945
Atas nama Bangsa Indonesia
Sukarno/Hatta

Bagi saya teks diatas itu memang sakral. Saya juga melihat itu spirit bangsa ini kuat, mantap, agung dan nilai juang tinggi yang tak bisa diremehkan. Saya juga melihat kita jangan sampai ada yang menguasai dengan mudahnya –hanya gara-gara hutang dan tak becus urus bangsa– kita punya para pendiri bangsa yang keren dan para pahlawan kita yang telah berjuang dimeda perang harus kita hargai.

Group NASI telah mengingatkan kita bahwa memang kita bukan hanya bicara nasi yang untuk perut semata dan outputnya hanya jadi kotoran, namun kita harus punya martabat nilai luhur bangsa. Bangsa Indonesia harus dijaga untuk tujuan mulia yaitu bangsa yang agung menuju kekuatan yang hakiki. Wah…jadi lebay begini saya…

Baiklah saya mau ngopi pagi dulu biar tidak lebay.. tentu rada siangan dikit sarapan nasi dulu. Selamat buat NASI group musik perjuangan….maju terus, Bray….!!

silakan tonton videonya group NASI  https://youtu.be/RHqnsGBuVWw

@AENDRA MEDITA