#NGOPIPAGI: 1 Oktober Hari KOPI SEDUNIA

0
624
Ngopi pagi yuk.....
ISTIMEWA, pada 1 OKtober adalah perayaan tahunan tanggal ini tanda merayakan kenikmatan minum kopi, sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi.
Hari Kopi pertama kali diperingati pada tanggal 1 Oktober 2015 oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan. Pada Hari Kopi, mereka berkampanye tentang perdagangan kopi yang adil serta kesejahteraan para petani kopi.
Kita tahu, saat ini berbagai bisnis di seluruh dunia menawarkan kopi secara gratis ataupun harga yang murah terutama kepada pelanggan loyal, hingga tawaran menarik mengenai kopi melalui sosmed. Di Indonesia sebenarnya hari kopi diperingati 11 Maret.
Di berbagai belahan dunia berbeda-beda merayakan tanggal hari kopi negaranya. Awal April Tiongkok, 11 Maret Indonesia, 12 September Kosta Rika, 1 Oktober Jepang, (Selong) Sri Lanka dan Jerman, 21 Oktober Filipina, 7 November Taiwan dan 17 November Nepal.
Dalam dokumenter A Film About Coffee — menurut saya ini dokumenter film kopi terbaik yang berdurasi 1 jam 6 menit tentang kopi–. Film ini disutradarai oleh Brandon Loper yang diproduksi oleh Avocados and Coconuts Productions tahun 2014. Di film ini lengkap membahas kopi.
Kisah sejarah kopi dari pertama ditemukan di Ethiopia lalu ke Yaman dan Indonesia. Inndonesi disebut negara ketiga dalam sejarah kopi– dalam film ini juga perjuangan para petani, dan termasuk bisnis yang terjadi.
Untuk para pecinta kopi tak ada salahnya menonton film ini (kini sudah bisa ditonton di Youtube, saya sih punya versi asli dalam file DVD diberi kawan saya yang baru pulang dari luar negeri sebagai kado saat tahun 2017).
Kembali ke kopi yang hari ini sebagai hari kopi dunia. Maka kopi memang menarik meski bukan dalam ulang tahun, hari-hari saya, tentu juga Anda mungkin semua di belahan dunia tetap minum kopi. Dan minum kopi dengan cara dan gaya masing-masing.
Varian kopi di dunia memang ada tiga, Arabica, Robusta, dan Liberica. Namun kemasan ini menjadi banyak rasa macam-macam blend dan akhirnya kopi menjadi sajian yang khas dan istimewa.
Secangkir kopi pagi hari akan membawa kita paham bahwa kopi tak pernah bohong. Yuk #NgopiPagi dulu.

@AENDRA MEDITA KARTADIPURA

1 OKTOBER 2020 Hari Kopi Internasional