Absen Terima Bintang Mahaputra dari Jokowi, Politisi PKB Sebut Gatot Nurmantyo Sebagai Patriot

880

JAKARTASATU.COM – Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo tidak menghadiri pemberian penghargaan tanda jasa dan kehormatan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, pada hari ini, Rabu (11/11).

Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid menuturkan Gatot sebagai seorang patriot meski absen ke Istana untuk menerima anugerah Bintang Mahaputera. Mantan Panglima TNI tersebut bukan menolak, tapi hanya berhalangan hadir.

Gus Jazil sapaan akrab Jazilul Fawaid mengatakan pemberian penghargan tersebut diatur dalam Undang-Undang tentang Pemberian Gelar dan Tanda Jasa yang dilakukan oleh Presiden lewat Kementerian Sosial.

“Itu ada undang-undangnya dan sesuai dengan prosedur, tidak ada yang dilanggar siapa pun yang mendapat gelar itu pasti sesuai dengan standar, prosedur, dan syarat,” ujar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Menurutnya, Gatot pun sudah sesuai prosedur dan layak menerima penghargaan tersebut sehingga dianugerahi Bintang Mahaputera. Gatot pun menerima penghargaan itu.

“Sebenarnya Pak Gatot sudah menerima. Beliau cuman berhalangan hadir, jadi ketidakhadiran beliau ini lah yang kemudian dianggap itu penolakan,” katanya.

Gus Jazil menilai, tidak mungkin Gatot menolak penghargaan tersebut. Menurutnya, mungkin Gatot melihat kondisi saat ini di tengah situasi pandemi Covid-19 yang menjadi pertimbangan tidak hadir ke Istana.

“Kondisi beliau tidak hadir kan dimaknai penolakan, tidak mungkin lah seorang patriot menerima penghargaan. Itu nggak masuk di akal saya,” pungkasnya. (RED/rnl)