Reshuffle Kabinet, 6 Menteri Jokowi

0
816

JAKARTASATU.COM – Presiden Joko Widodo mengumumkan 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut mendampingi saat 6 menteri baru ini diumumkan.

“Bapak, ibu saudara-saudara pada sore hari yang berbahagia ini bersama-sama dengan bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju untuk itu saya akan memperkenalkan satu per satu,” kata Presiden Jokowi.

Ada mantan Cawapres Sandiaga Uno masuk di Kabinet baru ini. Sandi mengantikan Wishnutama diposisi menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ada Tri Rismaharini, yang sebelumnya menjabat Wali Kota Surabaya, mengisi posisi Menteri Sosial.

Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya Wakil Menteri BUMN ditunjuk memimpin Kementerian Kesehatan. “Mantan Dirut Bank Mandiri, mantan PT Inalum dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” kata Presiden.

Ada Yaqut Cholil Quoumas, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020, diangkat sebagai Menteri Agama.

“Yang keempat adalah bapak Yaqut Cholil Qoumas beliau adalah pemimpin Muslim, Ketua GP Ansor dan kita akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Jokowi.

Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono diangkat Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. “Bapak Sakti Wahyu Trenggono, beliau sekarang ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Presiden.

M. Lutfi, yang saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, kembali ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan.

Terakhir bapak M Luthfi beliau sebelumnya Menteri Perdagangan, Duta Besar untuk Jepang, dan Duta Besar Amerika Serikat, dan sekarang kita minta untuk memimpin Kementerian Perdagangan,” kata Presiden.

Jokowi mengatakan pelantikan 6 menteri baru itu akan dilakukan pada besok Rabu, 23 Desember 2020.(JAKSAT)***