Sebanyak 193 RT di Jakarta Terendam Banjir, Ada yang Sampai 1,8 Meter

0
501

Hujan mengguyur sejumlah wilayah di DKI Jakarta dengan intensitas sedang hingga lebat sejak Jumat, 19 Februari malam. Akibatnya, banjir menggenangi beberapa daerah.

Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) DKI mencatat, pada hari ini per pukul 06.00 WIB, terdapat 193 RT terendam banjir.

“Secara keseluruhan, sebanyak 193 RT dari total 30.470 RT yang terdampak, dengan persentase RT terdampak sebesar 0,633 persen,” kata Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI, Sabdo Kurnianto dalam keterangannya, Sabtu, 20 Februari.

Rincinannya, sebanyak 29 RW  terdampak di Jakarta Selatan. Terdiri dari 44 RT, dengan ketinggian 40 sampai 150 sentimeter, dan terdapat pengungsi sebanyak 7 KK dengan total 19 jiwa.

Sementara di Jakarta Timur terdapat 50 RW terdampak, terdiri dari 143 RT, dengan ketinggian 40 sampai 180 sentimeter, dan 372 KK dengan total 1.361 jiwa sedang mengungsi. Serta, di Jakarta Barat sejumlah 4 RW dan 6 RT terdampak.

“Jumlah pengungsi di seluruh DKI sebanyak 379 KK dengan total 1.380 jiwa,” ujarnya.

Selain itu, sejumlah wilayah yang masih terdampak tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan dan luapan Kali Ciliwung, Kali Krukut, dan Kali Pesanggrahan di Jakarta Selatan, serta luapan PHB Sulaiman, Kali Sunter, Kali Cipinang di Jakarta Timur,” kata Sabdo.

Adapun prediksi BMKG pada hari ini, terdapat potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari.

Di Jakarta Barat, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan ringan, siang hingga malam hujan lebat, dan dini hari akan berawan. Di Jakarta Pusat, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan ringan, siang hujan sedang, malam kembali hujan ringan, dan dini hari akan berawan.

Di Jakarta Selatan, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan sedang, siang hujan lebat, malam hujan sedang, dan dini hari akan berawan. Di Jakarta Timur, pada pagi hari diprediksi mengalami hujan sedang, siang hujan petir, malam hujan sedang, dan dini hari akan berawan.

Di Jakarta Utara, sepanjang hari diprediksi mengalami hujan ringan. Sementara di Kepulauan Seribu, pada pagi hingga malam hari akan hujan ringan dan dini hari akan hujan sedang. (JAKSAT/REDVOI)