Candi Bentar dan Gapura Majapahit di Pura Segara Kenjeran Surabaya Diresmikan

0
523

JAKARTASATU.COM –  Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M., meresmikan Pembangunan Candi Bentar dan Gapura Majapahit yang terletak di Pura Segara, Surabaya, Jumat (26/2/2021).

Kehadiran Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan selaku Penasehat Pura Segara Kenjeran Surabaya dalam rangka meresmikan Candi Bentar. Menurutnya Pura Segara Surabaya merupakan salah satu Pura yang dibangun diatas lahan tanah TNI Angkatan Laut, yang dikhususkan sebagai sarana perawatan personel bagi prajurit TNI AL dan masyarakat sekitarnya dengan tujuan meningkatkan sradha dan bakti prajurit TNI Angkatan Laut dan keluarganya kehadapan Tuhan Yang Maha Esa / Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan I menyampaikan bahwa Pura Segara Surabaya ini diresmikan Tahun 1981 oleh Laksda TNI Gatot Suwardi yang memiliki luas tanah 2,5 hektar dengan konsep Tri Mandala yaitu  Nista Mandala (Lahan Parkir dan Beji), Madya Mandala  (Bale Kulkul, Gedung Penyimpanan dan Bale Gong) dan Utama Mandala (Padmasana dan Bale Pewedaan). “Untuk membatasi area suci dengan konsep Tri Mandala adalah dengan tembok Penyengker dan Candi Bentar,” katanya.

“Jadi Candi Bentar Pura Segara ini adalah sebagai Pembatas Area Suci  Pura Segara yang berfungsi sebagai pintu masuk pertama ataupun Pemedalan Pura. Pembangunan Candi Bentar ini dikarenakan mau robohnya tembok  Penyangker  yang terbentang sepanjang 86- 87 meter ini,” tambahnya.

Peresmian ini diawali saat Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. yang memprakarsai Gapura Majapahit melaporkan kepada Laksdya TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M. selaku Penasehat Pura Segara, maka dimulailah Pembangunan Candi Bentar ini.  Selanjutnya tibalah pada hari Jumat ini tanggal 26 Februari 2021 Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I N.G. Ariawan, S.E.,  M.M. meresmikan Candi Bentar tersebut. Sedangkan Laksda TNI IN.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. meresmikan Pembangunan Gapura Majapahit.

Diakhir sambutannya, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas waktu untuk kesediaan serta partisipasinya kepada Pangkoarmada II, Danlantamal V, Panitia Pembangunan Gapura Majapahit, para Dermawan dan Umat sedharma untuk menghadiri acara peresmian Candi Bentar dan Gapura Majapahit di Pura Segara Surabaya yang kita sucikan,” katanya.

Turut  hadir pada acara peresmian tersebut yaitu Ida Padanda Gede Anomjala Karana Manuabe beserta Istri, para Pemangku Lanang Istri, Pangkoarmada II Laksda TNI IN.G.Sudihartawan, S.Pi., M.M. beserta Ibu Ketua Daerah Jalasenastri  Armada II, Danlantamal V Surabaya Laksma TNI Mohammad Zaenal, Ketua PHDI Kota Surabaya, Ketua WHDI Kota Surabaya Prof. Sutantra, Ketua Banjar Surabaya Kol (Purn) I Made Bermawi, Ketua RW 05 dan RT Kompleks TNI AL Kenjeran Surabaya serta para Sesepuh Umat Hindu di Kota Surabaya.(PUS/REDJAKSAT)