SIPIROCK COFFEE Bukan Sekadar Sajikan Kopi, Namun Ada Menu Enak Para Raja

0
1607
JAKARTASATU.COM – Bagi yang menikmati Makan Khas Sumatera Utara atau para raja. Kami beritahukan bahwa Sipirock Coffee adalah tempat nyaman yang bukan saja menyajikan aneka kopi, mulai dari kopi hitam hingga kopi luwak liar Sipirok. Karakter Rasa Kopi Sipirok yang khas ini beraga ada rasa spicy (jahe, sereh), coklat, dan asam yang rendah.
Kopi Sipirok adalah kopi yang sudah memiliki Hak Paten, menurut pemilik Sipirock Coffee Ayub S Pulungan bukan hanya sertifikat hak paten yang didapatkan rekor MURI juga sudah disematkan pada 2014.
“Kerjasama Sipirock Coffee Jakarta adalah perjalanan panjang memperjuangkan para petani di Mandailing yang dataran tinggi dan udara dingin sana bagus buat kopi,” jelas Ayub.
Dikatakan Ayub Sipirock Coffee Anda bisa menikmati kopi Mandailing-Angkola ‘Tempo Doeloe’ menikmati  kopi Angkola atau kopi Mandailing di masa doeloe, hanya bisa ditemukan di Sipirock Coffee.
“Disini juga menu para raja seperti MERA/IHAN/IKAN DEWA/MASHEER

MERA kata Halak ANGKOLA – SIPIROK – MANDAILING adalah sebutan untuk ikan yang sudah dewasa, ditandai sisik yang sudah berubah kuning emas, berat sekira 1,5 kg. Di masa pertumbuhan dari anakan hingga menjelang dewasa, dia disebut Garing atau lelan,” ungkapnya.

Sipirock Coffee  memang punya unggulan menu special Raja-Raja Angkola – Mandailing karena ia memiliki sifat manyoksok aek na doras (menerobos arus air deras), mencari makanan bersih (lumut dan tumbuhan sungai), predator (pemangsa ikan, kodok, kadal, belalang, cacing, capung, dll). “Bagi bayo pangkail (pemancing), Mera jadi target utama, karena hentakan dan daya juangnya yang prima, menggetarkan adrenalin,” kisahnya.

Ayup pemilik Sipirock Coffee ini mengatakan bahwa MERA tidak sekedar menjadi LEGENDA di TANO ANGKOLA – MANDAILING, tetapi memiliki nilai tinggi untuk menopang ekonomi keluarga.

“Willem Iskander (nama lain dari Soetan Sati Nasoetion) dalam Buku Siboeloes Boeloes – Siroemboek Roemboek, mencatat dan mengabadikan “Mera” ini dalam Puisi “Ajar Ni Amangna Di Anakna, Na Kehe Tu Sikola” ditulis Thn 1872 bertutur:
….. “ Moeda langka aoe manjala,
Dapot aoe doea MERA,
Hoegadis ma i sada,
Anso adong di ho panaboesi sira.” jelasnya.

Dikatakan juga bahwa MERA/IKAN DEWA ini pun ternyata menjadi menu khas RAJA RAJA NUSANTARA, baik bagi orang Melayu Riau dan Malaysia, Kalimantan, maupun JAWA. “Bahkan di Tatar Sunda dia dikeramatkan dan disebut jelmaan laskar PAKUAN, ada kemungkinan agar ia tidak diganggu rakyat jelata,” bebernya.

Sipirock Coffee  dalam menyajikan ikan ini dengan Gulai Pedas (tingkat pedas sesuai permintaan Pelanggan) inilah menu paling diminati pelanggan sampai kini bahkan kadang diborong.

“Sipirock Coffee  juga bisa menyajikan Sop Segar (recomended untuk Kepala ikannya) atau Arsik (gulai asam pedas ala Sipirock) dan ada menu lain Steak (The Java Salmon Steak),”ujar Ayub.

Nah yang ingin Menu Enak Para Raja dan menikmati bisa bersama keluarga datang saja ke Sipirock Coffee yang terletak di Ruko Galeri Niaga Jl. TB Simatupang No. 81, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Selamat menikmati kuliner enak di Jakarta Selatan. (ATA/JAKSAT)