Reshuffle Kabinet Jokowi

0
1230
Effendi Saman, Advokat Senior/ist

Mestinya yang dipersiapkan menjadi Menteri pada putaran terakhir kepemimpinan Jokowi tidak perlu lagi berorientasi pada gagasan tugas yang bersifat jangka panjang, kerna tidak cukup waktu untuk melaksanakan itu semua.

Sebaiknya saat ini dipersiapkan untuk merealisasikan gagasan kerja program jangka pendek yang bersifat karitatif. Gagasan dan pelaksanaan program yang nyata dirasakan dan dinikmati langsung oleh rakyat, termasuk bantuan bansos.

Semua itu dibutuhkan, mengingat akibat dampak langsung dan tidak langsung dari penyebaran virus pandemi Covid 19.

Rakyat saat ini berharaf tersedia kebutuhan-kebutuhan pangan dan perlindungan kesehatan. Dan kebutuhan-kebutuhan konsumtif lainya, setidak tidaknya terlayani selama satu hinggs dua tahun kedepan.

Oleh karena itu saat ini sangat diperlukan bentuk kepemimpinan, yang memiliki sifat, watak dan prilaku para mentri yang bermoral, termasuk yang mau bekerja keras dan berani menolak potensi perbuatan korupsi.

Bentuk kepemimpinan semacam ini dapat dipastikan berpiham kepada rakyat dan negara dan bisa melayani kebutuhan rakyat miskin lebih optimal sesuai dengan manfaat dan peruntukanya.

Effendi Saman