MUDIK DI NEGERI PARADOKS

0
1027
Ilustrasi Mudik Foto : ISTIMEWA

SAAT soal mudik jadi soal berat. Tahun lalu pun begitu, pandemi dalam dua tahun ini soal Mudik jadi perguncingan hebat. Tapi ada juga yang nyuruh-nyuruh belanja? Oh maksudnya belanja lebaran.

Terimakasih Bu…bagi yang mungkin yang dapat THR kaleee hehhee. Kami mungkin hanya saksi saja melihat orang disuruh belanja. Darrr mbludak lah pasar Tanah Abang lalu ada yang bikin videonya dan viral. Tapi dia lupa kalau komentar bandingan bukan dengan mall yang sudah dibuka lama. Mall bahkan sebuah mall ramenya sudah lama kok tidak di soal.

Alasan lainnya memang alasan takut seperti India. Bahkan sang Menteri Kesehatan bilang jenis virus India dan Afrika sudah masuk Indonesia dan sudah ada yang terkena.

Prokes… prokes…. nama sebuah seruan yang “labil”. Kenapa labil ya labil prokes itu hanya untuk yang sedang di sidang saja. Yang kuasa mah bebas. Tuh yang kawainan super mewah malah kena Covid19 aman saja, maklum pembayar pajak gede. belem pilkada dan kunjungan di NTT dan ingin 3 periode diberikan Jaket aman juga maklum sang penguasa lagi-lagi aman. Percuma semua teriak membandingkan dengan yang sedang disidang di PN Jakarta Timur…,tak mempen atau memang sudah agenda khusus. Tak tahu saya!

Kembali ke Mudik, kini beredar mudik serentak 10 Mei 2021, sejumlah Meme beredar dengan visual yang unik dan lucu, secara estetika ajakan meme itu unik. Tapi apa masih nekad semua berani, ya tidak tahu lagi saya.

Tapi jika sejumlah alasan dan ketatnya aturan nampaknya mudik ini memang serius tak boleh. Jika ada yang lolos yang petugas nampaknya akan mengejar kerumah yang mudik, seperti viralnya video pemudik yang didatangi aparat dan disuruh pergi swab ke puskesmas terdekat.

Saat Pilkada semua suruh pula. Waktu mau iedul fitri dilarang mudik alias mudik dilarang, hal ini jadi perguncingan di sejumlah WAG. Kok gitu amat sih ada masalah apa dengan
Orang Tua saya di kampung? Kok kita dilarang mudik, tahun lalu alasannya mudik dilarang tapi pulang kampung.

Ingat kan tahun lalu rame juga tak boleh mudik, tapi pulang kampun boleh. Diksi yang penuh interprestasi namun absurd. Tahun ini sama sekali tak boleh mudik.

Perguncingan makin yang menedang angin mudik jadi pembicaraan di WAG. Negeri +62 ini memang keren apa-apa jadi isu yang goreng sampai gosong, setelah gosong ganti isu lainnya.

Ditengah polemik larangan mudik yang sangat hot 6-17 Mei 2021, ada juga pemerintah akan berlakukan penerbangan Jakarta-Wuhan PP dibuka, dengan peswat Jet dari Lion Air bisnisnya Rusdi Kirana, hmmm bahkan jalurnya ironis banget Wuhan-Jakarta. Kita tahu Wuhan adalah titik awal virus yang jadi pandemi dunia. Ah tapi yang itulah kenyataannya.

Jadi Dilarang Mudik yang diberlakukan adalah paradoks dengan datangnya arus jalur Wuhan-Jakarta, yang dibukakan lebar-lebar ini. Hehehe labilnya ketahuan, beda-beda kebijakan bikin negeri ini makin Ngeri juga ya…..(ame/jaksat)