JAKARTASATU.COM – Aliansi Mahasiswa Celebes menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor PLN Sulselrabar & PLN Tello aksi yang di koordinatori Danditya membawa dugaan kasus perbuatan monopoli proyek Wilayah Sulawesi Selatan.

Mereka menduga ada sejumlah proyek pekerjaan di Sulawesi Selatan yang tidak menaati aturan main salah satunya ialah proyek PEKERJAAN OPERATOR UPDK TELLO PLTD BARRU, PEKERJAAN CLEANING SERVICE DI UPDK TELLO PLTD BARRU, PEKERJAAN OPERATOR  DI UPDK BAKARU, PEKERJAAN OPERATOR PEMBANGKIT DI UPDK KENDARI dimana kontraktor proyek tersebut adalah anak perusahaan PT PLN sendiri yaitu PT PCN (Paguntaka Cahaya Nusantara).

 “Aksi hari ini merupakan aksi berawal dari temuan dan hasil investigasi yang menyatakan bahwa adanya indikasi monopoli proyek oleh PT PLN itu sendiri. Indikasi itu diperkuat dengan adanya temuan bahwa sejumlah proyek di Sulsel dikerjakan oleh PT PCN (Paguntaka Cahaya Nusantara) yang merupakan anak proyek PT PLN bahwa PT PLN UIW Sulselrabar tidak melakukan proses lelang sesuai yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang/Jasa,” ujar Danditya ditemui di sela aksinya, Jumat, 9 September 2021.

Dalam orasinya Aliansi Mahasiswa Celebes menuntut agar PT PLN bekerja secara profesional dengan mengedepankan asas transparansi, akuntabel, selektif & equality dalam menjalankan tugasnya agar kejadian monopoli tidak terulang kembali dan meminta agar PT PLN UIW Sulselrabar melakukan klarifikasi secara terbuka terkait dugaan kasus kali ini.

“Kami mengingatkan bahwa PT PLN untuk tidak bermain-main karena mereka akan membuat aduan resmi kepada Presiden Joko Widodo & MENTERI BUMN Erick Thohir,” ungkap Danditya.(WAN/JAKSAT)