Sempat Dibajak, Channel Rocky Gerung & FNN Sudah Pulih Semua

0
552

JAKARTASATU.COM – Semua channel youtube yang tergabung dalam Forum News Network (FNN) dan sempat dibajak pada Rabu pagi, 3 November 2021 sudah berhasil dipulihkan, Kamis siang, 4 November 2021.

Channel Rocky Gerung Official, M. Said Didu Official (MSD) berhasil dipulihkan tidak lama setelah dibajak. Sementara channel Hersubeno Point baru bisa dipulihkan pada Kamis siang, 4 November 2021.

Bukan hanya tidak bisa diakses, Channel Rocky Gerung sempat diganti namanya menjadi Coinbase (Speaker Series)?

Sebelumnya channel Off The Record, FNN juga sempat dibajak dan namanya diubah menjadi Itherum.
“Alhamdulillah semua channel FNN sudah pulih,” kata Pemimpin Redaksi FNN, Mangarahon Dongoran dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis, 4 November 2021.

“Kami mengecam keras cara-cara yang tidak beradab dengan tujuan membungkam kebebasan media,” ujar Mangarahon yang biasa dipanggil Bung Rahon itu.

Praktik membajak channel media yang kritis, tambah Rahon, menjadikan indeks demokrasi dan kebebasan berpendapat di Indonesia terus menurun.

Freedom House menurunkan status Indonesia dari negara bebas (free) menjadi setengah bebas (partly free).

Fungsi media di negara demokratis adalah pilar keempat sekaligus sebagai anjing penjaga (watchdog).

“Tidak pada tempatnya sikap kritis dihadapi dengan upaya pembungkaman berupa pembajakan, dan kriminalisasi dengan melaporkan ke polisi,” tegas Rahon.

Kebebasan dan kemerdekaan pers dijamin konstitusi dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Jika ada pihak-pihak yang merasa keberatan dengan pemberitaan dan konten dari channel FNN, hendaknya menggunakan hak jawab dan hak koreksi sebagaimana diatur dalam UU tetang Pers.

Sebagai insan pers yang menjunjung tinggi hukum dan peraturan perundang-undangan, kami akan memuat hak jawab dan hak koreksi yang disampaikan setiap yang merasa keberatan.

Bila masih merasa kurang puas, bisa melapor ke Dewan Pers. Sebagai media yang terdaftar di Dewan Pers, kami senantiasa mematuhi segala aturan yang berlaku, menerapkan kode etik jurnalistik dan pedoman pemberitaan siber.

Ttd

Mangarahon Dongoran, Pemimpin Redaksi