Letjen Dudung Abdurrahman KASAD?

0
577
Letjen Bakti Agus Fadjari/ist

OLEH  HENDRAJIT

Banyak yang meyakini Pangkostrad Letjen Dudung Abdurrahman akan jadi KSAD baru menggantikan Andika Perkasa. Namun sebuah fakta yang tak bisa diabaikan begitu saja. Wakasad Letjen Bakti Agus yang AKABRI 1989 dan seangkatan dengan Andika, lebih senior daripada Dudung yang AKABRI 1988.

Selain itu catatan karir militer Bakti Agus, lebih komplit baik sebagai perwira tempur maupun perwira staf.

Pernah Komandan Korem Warastratama karisedenan Surakarta pada saat Jokowi Walikota Solo. Kasdam Kodam Diponegoro Jawa Tengah. Asisten Teritorial KSAD. Dan Pangdam Diponegoro.

Terlepas Pangkostrad Dudung cukup dekat dengan Megawati, namun besar kemungkinan senioritas dan rekam jejak karirnya yang lebih beragam, diperkirakan bakal jadi bahan pertimbangan baik istana maupun Mabes TNI.

Perkiraan saya, lolosnya Andika yang dapat dukungan penuh Mega, besar kemungkinan karena quit pro quo antara Mega dan Jokowi. Artinya, sebagai konsesinya, Bakti Agus akan jadi KSAD. Selain pertimbangan obyektif, biasanya yang pernah pegang pos militer dan kepolisian di Solo kala Jokowi jadi walikora, karirnya moncer.

Lagipula besar kemungkinan dalam pertimbangan Jokowi dan Mega, kalau Dudung selama ini dianggap loyal dan bisa diandalkan, dalam jangka pendek mengamankan Kostrad yang merupakan pasukan pemukul strategis, sama pentingnya dengan jabatan KSAD..

Bukan itu saja. Dudung yang dua angkatan lebih junior daripada Bakti Agus, masih berpeluang jadi KSAD kali berikutnya. Jadi kalaupun sekarang tidak jadi KSAD sebenarnya tidak rugi apa apa.

Lantas bagaimana Letjen Eko Margiyono yang sekarang menjabat KASUM TNI? Biasanya, kalau sudah jadi KASUM peluangnya tipis.

Tapi ini sekadar prakiraan berbagai kemungkinan yang tak terduga. Karena apa yang terlihat belum tentu apa yang sedang berlangsung. Dan satu lagi. Garis tangan. (*)