Dukung Generasi Qur’ani, Produsen Baju Anak Muslim Ajak Milih Tontonan yang Baik untuk Anak

0
159

JAKARTASATU.COM – Dukung Generasi Qur’ani, Produsen Baju Anak Muslim Berkolaborasi dengan Rumah Produksi / Memilih Tontonan yang Baik untuk Anak, Bagaimana Caranya?

Zaman terus berubah. Siapapun tak bisa menghindari derasnya arus teknologi termasuk kita dan sang buah hati. Mari berhitung, berapa lama kita berhadapan dengan tayangan digital. Memang bukan yang utama, namun dewasa ini melalui tayangan digital semua informasi dapat tersajikan.

Baik melalui media televisi atau Youtube Channel, semua jenis tontonan dapat dengan mudah kita temukan. Lalu, bagaimana cara memilih tontonan yang baik untuk anak? Beberapa referensi berikut mungkin bermanfaat untuk Ayah Bunda.

Pertama, berikan tontonan yang sesuai dengan usia anak. Cerita keseharian akan memudahkan anak untuk mengingat makna tontonan. Ingat, anak adalah peniru yang baik, maka berikan tontonan yang baik untuk dapat ditiru.

Kedua, tak hanya menghibur, pilih tontonan yang memiliki nilai edukasi yang baik. Tentu saja sebagai muslim, nilai-nilai pendidikan Al Quran adalah yang utama. Bunda Triani, seorang Mompreneur, merekomendasikan atau mencontohkan serial Hafizh & Hafizah yang diproduksi oleh Al Qolam Production. Berkolaborasi dengan salah satu produsen baju anak muslim di Indonesia, Ammar Kids, serial ini diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif tontonan yang bisa disajikan Ayah Bunda.

Masih dengan mengusung tema yang sama yaitu Islamic Education, Adventure and Family, Hafiz & Hafizah Season 2 tetap menyajikan nilai-nilai keislaman dengan cara yang menyenangkan dalam dunia anak-anak. Sepanjang episode, anak-anak akan disajikan cerita keseharian yang tak lepas dari pendidikan Islam.

Ketiga, berikan tontonan dengan durasi yang tidak terlalu panjang namun rutin disajikan. Agar anak tidak cepat bosan, berikan tontonan secara berkala. Film series dengan durasi pendek sangat cocok untuk anak-anak.

Keempat, usahakan dampingi anak saat menonton. Yakin dengan kualitas tontonan tak serta merta membuat orang tua bebas meninggalkan anak menonton sendirian. Dengan tetap menemani anak menonton, kita bisa memiliki waktu terbaik untuk meningkatkan kerekatan antara orang tua dan anak. Mengomentari tontonan, atau menjelaskan istilah yang belum dipahami anak akan memberi banyak waktu orang tua dan anak untuk mengobrol.

Jika semua point sudah terpenuhi, jangan lupa untuk tetap membatasi waktu anak untuk menonton. Anak perlu istirahat dan bermain bersama teman serta bercengkrama dengan orang tuanya.

Kehadiran teknologi jelas bukan untuk dihindari. Menjadikan anak generasi qur’ani namun tetap melek teknologi, adalah impian semua orang tua. Mari berikan bimbingan yang baik, contoh yang baik, dan tontonan yang baik agar anak kita tumbuh menjadi generasi yang baik. Jadi, sudah ada rencana menonton serial apa hari ini? (BD/JABS)