Pameran Lukisan “Ekspresi Perempuan Indonesia” di Balai Budaya Bergairah

0
221

JAKARTSATU.COM – PAMERAN seni lukis tentang perempuan Indonesia menjadi acara seni budaya yang akan memberikan kehidupan baru di masa pandemi.

Adalah 37 pelukis yang ikut dalam acara yang tergabung dalam pameran “Ekspresi Perempuan Indonesia” yang digelar digelar 8-15 Maret 2022 di Balai Budaya Jalan Gereja Theresia Jakarta Pusat.

Ini perjalanan seni lukis yang memberikan warna. Yang terlibat bukan sekadar pelukis perempuan yang namun pelukis laki-laki ikut terlibat dan menafsir karya dari perspektif atau cara pandang soal ekspresi perempuan Indonesia.

Pameran lukisan bersama “Ekspresi Perempuan Indonesia” ini bisa dikatakan membaca realita perempuan Indonesia. “Karya saya misalnya tampil merespon soal perempuan ojel online, yang saya diekspresikan dalam konteks saat ini,” ujar A.R Tanjung pelukis yang ikut sebagai peserta pameran.

“Membaca ekspresi perempuan dalam lukisan adalah hal yang menarik dan ada ke-mahfum-an namun terkadang sebenarnya kita menjadi akan sangat kuat membaca dibalik keseharian kehidupan tentang perempuan,” demikian tulisan kuratorial dari Aendra Medita.

Pameran lukisan “Ekspresi Perempuan Indonesia” paling tidak acara yang mengungkapkan kekagumannya terhadap perempuan dalam hal merespon hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2022.

“Sebagai perempuan kita harus punya peran dan punya andil untuk dunia,” ujar Dr. Nina Kurnia Hikmawati.

Dengan menyampaikan tentang pentingnya peran seniman merespon ini adalah hal yang baik dan sekaligus merupakan momentum ini dimaknai sebagai “spirit perempuan” yang oleh para pelukis direspon dalam kekaryaan dalam bentuk rupa.

“Ini ajang pameran bersama ini adalah eksistensi para pelukis melihat kaca mata besar perempuan di tengah-tengah dinamika perkembangan masa kini apalagi dimasa Pandemi yang masih melanda,” ujar Eddy Kamal, penanggung jawab acara pameran ini.

Bagi yang mau berakhir pekan nampaknya ini pameran bisa menjadi sarana apresiasi seni. Yuk datang pameran akan berlangsung sampai 15 Maret 2022. Selamat dan sukses. (SUK/JAKSAT)