Anies, Sang Kandidat (Bagian 6)

0
298

Oleh : Imam Wahyudi (iW)

Tapak jejak prestasi Anies Baswedan tak pernah henti. Langkah pengabdian mengalir. Nyaris tanpa jeda.

Jakarta di tangannya makin berjaya. Meski kenyang mengenyam pendidikan di Amerika, tak menjadikannya jumawa. Gubernur yang santun bersahaja. Prestasi Jakarta pula yang mengantarnya kembali berkunjung ke Amerika. Berulang kali.

Bukan untuk melancong. Berbagai kunjungan atasnama prestasi dan reputasinya. Dalam dua tahun menjabat gubernur, Anies tercatat tujuh kali kunjungan kerja ke luar negeri. Di antaranya dengan biaya pribadi. Pun ke Washington DC untuk kali ke-7. Tak terbayangkan, Anies menyampaikan pemikiran dan gagasan di forum internasional. Fasih berbahasa Inggris, fasih dan lincah — di antara intonasinya Sungguh, layak menjadi Sang Kandidat mendatang. Indonesia yang menantang dalam pergaulan dunia.

Bukan cuma Amerika. Anies Baswedan, semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta — juga pernah diundang sebagai pembicara di forum mancanegara. Antara lain acara “The Thirth Edition of Smart Cities Africa di Casablanca, Maroko dan forum pembangunan kota di Singapura.

Anies menjadi “keynote speaker” di forum “The Pyramids Annual Post” atas undangan Menlu Singapura. Juga forum “Urban 20 (U20) Mayors Summit” di Tokyo, Jepang. Sebuah pertemuan pemimpin ibukota negara anggota G-20. Anies merupakan satu-satunya gubernur yang diundang berbicara di tiga forum berbeda agenda itu. Bersamaan perayaan “Sister City Jakarta – Tokyo” ke-30.

Forum serupa di Tokyo, Anies kembali ke pertemuan antarpemimpin ibukota negara “Urban 20” (U20) di Buenes Aires, Argentina. Menjadi pembicara di forum “Istanbul Water & Waste Management” di Turki. Selanjutnya “The World Cities Summit Mayors Forum 2019” di Medellin, Kolombia. Berlanjut simultan menghadiri forum “United States – Indonesia Society (USINDO) di Washington DC, AS.

Sederet kunjungan dan pembicara di forum internasional sebagai catatan prestasi dan reputasi Anies. Tentu, sekaligus mempromosikan Kota Jakarta dan umumnya Indonesia nan kaya budaya. Bila kelak, Anies Baswedan menjadi capres — bakal mengalir dukungan. Deras.*

*) _Penulis, wartawan senior di Bandung._