RHOMA IRAMA & PERGURUAN ISLAM TERPADU

0
257

JAKARTASATU.COM — SIANG itu (Sabtu, 25/3/2024) di Teluk Jambe Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sebuah prosesi peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid dan Perguruan Islam Rhoma Irama sedang berlangsung. Masyarakat sekitar tumpah ruah disana. Sebuah rencana mulia dan agung. Di kawasan ini akan akan terdiri dari tingkat taman kanak-kanak (TKIslam) sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) sekolah menengah pertama Islam terpadu (SMPIT) dan sekolah menengah atas Islam Terpadu (SMAIT) dan mesjid yang megah.

K”Boarding School Islam akan dibangun disini,” ungkap Rhoma Irama usai melakukan peletakan batu pertama di area dengan luas keseluruhan sekitar 4,5 hektare itu.

Debby sekaligus putri Bang Haji Rhoma mengatakan bahwa  ia menargetkan sekolah mulai berjalan pada awal 2023. Lebih jauh ia menjelaskan konsep Perguruan Islam Rhoma Irama akan model boarding school atau sekolah berasrama. Yang unik, Perguruan Islam Rhoma Irama akan mengutamakan menerima siswa putus sekolah dari kalangan tidak mampu seperti fakir miskin dan anak yatim piatu. “Karena itu, sekolah tersebut tidak menarik biaya kepada para siswa tersebut. Segala pembiayaan sekolah akan dipenuhi melalui dana wakaf. Hal tersebut sejatinya sudah dilakukan Raja Dangdut yang tahun ini berusia 75 tahun  ini.

Selain di bangun Masjid Rhoma Irama dan Perguruan Islam Rhoma Irama akan ada bangunan sekolah yang menarik dalam pembangunan ini desain sekolah yang bernuansa alam, cozy, dan Instagrammable  di lahan itu juga di desain ada area pertanian dan perikanan sehingga para siswa yang tinggal di asrama putra dan putri dapat belajar bertani, berkebun, dan beternak ikan. Di samping itu, akan ada klinik dan masjid. “Terdapat pula area olahraga yang sejalan sunah Rasul seperti memanah dan berkuda,” jelas Debby.

Inilah cara Bang Haji Rhoma turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendirian institusi pendidikan formal. Saat bicara pembiayaan atas rencana Perguruan Islam Rhoma Irama dana akan dibuka wakaf yang dikumpulkan dari berbagai organisasi yang dekat dengan Rhoma Irama, seperti Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI), Fans of Rhoma dan Soneta (Forsa), dan Royalti Anugerah Indonesia (RAI). Dalam acara itu juga akan membuka dana wakaf pembangunan Perguruan Islam Rhoma Irama bagi masyarakat yang ingin membantu perjalanan pendidikan tersebut.

Di acara peletakan batu pertama Perguruan Islam Rhoma Irama nampak sejumlah tokoh  banyak yang hadir baik kawan dekat Bang Haji para ulama, Kyai juga sejumlah artis ibuota. Sayang pejabat inti atau utama semua diwakilkan baik Gubernur Jabar ataupun Bupati Karawang semua diwakilkan.

Namun demikian semangat Bang Haji ini nampak dan yakin bahwa niat mulia dia adalah syiar islam, “Ini bagian dari perjuangan Islam. Lokasi di Karawang ini juga sudah kehendak Allah SWT jadinya di Karawang awalnya banyak kawan-kawan usulkan di Bogor, dan kota lain Tapi  ini Karaewang dan harapan saya bisa berkontribusi dalam bangun mesjid membangun iman taqwa dan akhlak,” ungkap Bang Haji Rhoma.

Saat jelang Dzuhur acara sudah usai dan langit mulai mendung namun hujan membawa keberkahan. Selamat Bang Haji!!!. (SUK/TJ)