Tentang Kenaikan Gaji Karyawan Pertamina

0
164
Salamuddin Daeng, Pengamat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI)/IST

Oleh  Salamuddin Daeng

Gaji karyawan di semua BUMN harusnya naik. Jangan sampai cuma harga barang barang yang naik, tai gaji tidak naik. Kenaikan gaji sudah merupakan keharusan sesuai dengan perkembangan keadaan. Pemerintah jangan pelit dengan karyawan BUMN.. Mereka adslalah tulang punggung negara dalam menghadapi resesi akibat covid 19.

Mengapa gaji harus naik? Kalau gaji tidak naik bagaimana mungkin ekonomi bisa tumbuh. Bukankah 60 persen ekonomi nasional sekarang ditopang oleh konsumsi. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi maka harus mendorong konsumsi masyarakat.

Kalau gaji karyawan BUMN seperti Pertamina tidak naik, bagaimana mau mendorong pertumbuhan ekonomi. Emangnya bisa belanja pake daun sirih?

Pemerintah perlu belajar. Jaman orde baru inflasi dikendalikan pake gaji PNS. Kenaikan gaji PNS adalah alat untuk mengatur inflasi. Bagaimana caranya? Inflasi didorong dalam rangka memicu pertumbuhan ekonomi. Lalu pertumbuhan ekonomi akan meningkatkan penerimaan negara APBN. Begitulah siklusnya.

Dengan demikian maka kenaikan gaji pegawai Pertamina seharusnya berdampak positif menggerakkan roda ekonomi. Tentu saja ini harus dilakukan juga pada seluruh BUMN lain agar naik serempak. Jangan cuma gaji pejabat oligark yang naik, sama sama dong.