PARFI GELAR PAMERAN LUKISAN PEDULI SESAMA ARTIS YANG SEDANG SAKIT

279
Lukisan Karya A.R Tanjung terjual saat lelang/Skm

Pada  Jumat 22 April 2022 DPP PARFI Pimpinan aktor senior Soultan Saladin menggelar pameran lukisan. Pameran Lukisan bertempat di Lobby Gedung Film Sapta Pesona, Jl. MT. Haryono Kavling 47-48 Jakarta Selatan bertajuk ‘Pameran Lukisan Peduli Sesama’. 

JAKARTASATU.COM — Pasca pandemi COVID-19 banyak pekerja film yang terpuruk. “Jangankan yang sakit, yang sehat pun keadaanya serba minim karena lapangan pekerjaan buat mereka terbatas,” papar Soultan Saladin saat pembukaan Pameran Jumat (22/04/2022)

Dikatakannya bahwa para pelukis yang ada 20 seniman lukis di Indonesia ini berkumpul dan menggelar pameran karyanya dan sebagian hasil penjualan karya lukisan akan disumbangkan kepada aktor dan aktris yang kini sedang sakit, ujarnya aktor senior Soultan Saladin ini.

Banyak pekerja film ‘collapse’ dan menjadi ‘orang miskin’ baru, atau setidaknya kurang mampu. Dan acara pameran ini adalah satu bentuk peduli dari para pelukis yang luar biasa. Dikatakan Saladin para aktor, aktris, dan penggiat film kehidupannya serba minim, mereka tetap survival dan tak ingin merepotkan orang lain.

“Kita membangun solidaritas dan seniman lukis banyak juga yang peduli. Lewat pameran ini kita menolong yang sakit. Walau mereka tak pernah teriak-teriak minta tolong,” tambahnya.

Beberapa aktor dan aktris masuk daftar penerima hasil ‘Pameran Lukisan Peduli Kasih Sesama’ ini antara lain, Otig Pakis, Yani Timur, Gatot Subagya, Nani Tanjung dan Sam Abede Pareno. “Mereka adalah aktor dan aktris dedikatif yang selama ini telah menunjukkan dedikasinya,” kata aktor pernah memerankan tokoh Soekarno di film Gie (2005) ini.

Saladin juga melalui DPP PARFI para anggota dapat terus membangun solidaritas dan kesetiakawanan sosial. Pandemi, kata dia, merefleksikan banyak hal, degradasi mental, keterpurukan ekonomi, kerusakan ekologi, moralitas, dinamika politik, konspirasi kapitalis, dan lain-lain.

“Semua bentuk refleksi itu bermuara pada satu pertanyaan, solidaritas seperti apa yang perlu dibangun bersama pascapandemi. Saya kira DPP PARFI wajib ambil peranan yang kuat,” jelasnya.

Ketua  panitia  Pameran Lukisan PEDULI SESAMA PARFI 2022, Diana Sinuraya mengatakan bahwa  dengan terbuka ke semua pihak yang akan mendukung terselenggaranya acara ini. “Mengadakan pameran lukisan untuk PEDULI SESAMA dan murni karya lukis yang terjual akan disumbangkan ke para artis yang saat ini sakit untuk mempererat tali silaturahmi para seniman terlebih para pelukis yang membnatu untuk para pelaku film,” ungkap Diana. 

Ditambahkan Diana untuk itulah kami sebagai perwakilan dari sahabat, teman dan sejawat yang berada di dalam organisasi PARFI sebagai penyelenggara kegiatan acara peduli ini sangat takjim kepada para pelukis yang sudah terlibat pameran peduli ini, jelasnya. 

Para pelukis yang terlibat Pameran Lukisan PEDULI SESAMA PARFI 2022 adalah A.R. Tanjung, Arif Conte, Andi Sopiandi, Eddy Kamal, Baim Ibrahim dll. 

Disaat pembukaan dua satu lukisan karya A.R Tanjung laku terjual. Semoga saja para pelaku seni film yang saat ini sakit segera diberikan kesehatan seperti sedia kala. Bravo Seniman lukis untuk sesama seniman Film. (suk/jaksat)