Kemenangan yang Luar Biasa Ada di JIS

416

JAKARTASATU.COM – ADA apa di Stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di Jakarta Utara itu. Ada kemengan yang agung. JIS milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar festival malam takbiran dan Shalat Idulfitri di Stadion Bola yang bisa menampung ribuan itu.

Semua direncanakan hanya untuk 8 ribu jamaah yang akan ditampung, namun karena antusiasme masyarakat, daya tampung ditambah menjadi 20 ribu jamaah. Sang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun menyambut positif rencana tersebut.

“Kemenangan insyaallah tinggal selangkah lagi. Mari kira rayakan dengan bersyukur, atas nikmat-Nya yang tak pernah bisa diukur,” kata Anies.

Anies pun memastikan stadion bertaraf internasional itu sudah siap menyambut jemaah Shalat Ied pada 1 Syawal nanti. “Di mahakarya kota ini, mari kita agungkan takbir dan bersujud memohon rida Ilahi,” lanjut Anies yang belum lama ini sudah melakukan Soft Opening dengan mengelar bola dunia usia 18 tahun Barcelona vs Atletico Madrid 19 April lalu.

Rencana gelaran takbiran dan Shalat Ied di stadion bertaraf internasional ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan bulan Ramadan 1443 Hijriah. Ada aturan dan Ketentuan yang Diterapkan Selama Jalannya Ibadah di Stadion JIS, Jakarta itu. 

Informasi yang dihimpun Redaksi bahwa Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Aceng Zaini membenarkan, jumlah kapasitas ditambah mencapai sebanyak 20 ribu jemaah yang bisa ditampung pada penyelenggaraan Shalat Ied di Stadion JIS. 

“Jadi diperkirakan antisipasi 20 ribuan gitu lah. Jemaah laki-lakinya kalau enggak salah (diperkirakan) 12 ribu, perempuannya maksimal 10 ribu lah,”  kata Aceng Jumat, (29/4).

“Tadinya tuh 8 ribu jamaah udah paling maksimal, tapi ternyata antusias masyarakat melebihi itu. Akhirnya ditambah lagi concourse sisi selatannya, antisipasinya saja itu,”

Stadion JIS adalah Stadion berstandar FIFA makanya Pemda DKI Jakarta menerapkan aturan selama proses ibadah, jemaah tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman dengan kemasan sekali pakai, dan membuang sampah sembarangan.

“Menyuarakan ujaran kebencian, rasisme, seksisme dan vandalisme. Jika terjadi, maka pengunjung akan dikeluarkan dari barisan salat,” tulis laman instagram @jakintstadium yang dikutip, Jumat (29/4).

Sementara itu, sebelum datang ke Stadion JIS untuk menunaikan salat Id, para jamaah diminta agar memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan tidak bergejala sakit, dan membawa tumbler isi air minum sendiri.

Tak hanya itu, jamaah pun wajib melakukan scan barcode pada aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area Stadion JIS, menggunakan alas kaki yang nyaman, serta membawa sendiri tas ramah lingkungan.

Memang Anies Baswedan telah memberikan warna lain di Jakarta. Ia kini sangat dikagumi, bahkan tak menutup kemungkinan yang dikatakan Kemenangan itu adalah yang Luar Biasa Ada JIS dan ini bukan sekadar untuk Jakarta trapi untuk Indonesia, dan ini akan jadi saksi sejarah di dunia. (RED/DBS)