Jabar Harmoni Podcast, Bahas Roadmap Blue Economy Indonesia

244

 

JAKARTASATU  Ikatan Alumni ITB Pengurus Daerah Jawa Barat melanjutkan rangkaian kegiatan Jabar Harmoni Podcast. Setelah sebelumnya membahas Ibu Kota Negara di Episode Pertama mengundang Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional RI pada tanggal 18 Maret 2022, di Episode Kedua ini mengundang Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, membahas blue economy, kedaulatan maritim, dan sampah laut.

“Banyak orang bilang kita terlalu lama memunggungi laut, padahal nenek moyang kita katanya adalah seorang pelaut. Terbukti secara geografis 2/3 wilayah kita adalah lautan”, tutur Jalu Priambodo, Ketua IA-ITB Pengda Jabar 2021-2025.

Jalu menambahkan salah satu tujuan kami membuat program podcast ini adalah untuk menyediakan alternatif wahana diskursus publik yang kemudian dapat berperan dalam peningkatan kecerdasan kehidupan berbangsa.

Seperti diketahui, pada HUT KKP ke-22 di Belitung Timurtanggal 26 Oktober 2021, Presiden meluncurkan program blue economy. Meghadapi hal ini, IA-ITB Pengda Jabar akan menggali program tersebut lebih dalam, agar supaya masyarakat Indonesia dapat memahami dan turut serta berperan aktif dalam menyukseskan program tersebut.

Idham Maulana selaku Wakil Kepala LPKSDA PP-IA ITB mengatakan, “Kami sangat berharap dengan adanya podcast ini kami dapat meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia terhadap rencana jangka panjang yang sedang dihadapi Bangsa Ini. Kita sama-sama belajar apa peran kita masing-masing dalam menghadapinya dan semoga bisa menghindarkan kita dari permasalahan yang mungkin timbul di masa depan.”

“NKRI harga mati! Negara dengan 273 juta penduduk harus dapat bertahan sampai dengan waktu tak terbatas. Kekayaan laut Indonesia harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa. IA-ITB harus menjadi bagian dari perjuangan ini, “ ujar Idham.

Podcast ini dipandu oleh oleh Syarifah Amelia (Menko Pengurus Pusat IA-ITB) dan dilaksanakan pada Jumar, 12 Mei 2022 pukul 16.00 WIB melalui platform Youtube yang dapat diakses melalui pranala : https://bit.ly/JabarHarmoniPodcast2. (Red/jaksat)