Rizal Ramli: Perubahan itu Tidak Terelakkan

0
145

JAKARTASATU.COM — Tokoh Politik dan parak Ekonomi Rizal Ramli mengatakan bahwa ada pelajaran penting dalam sejarah, yaitu bahwa perubahan itu tidak terelakkan, Change Is Inevitable.
“Kalau kondisi objektifnya belum matang maka tidak akan terjadi apa-apa, tapi. Kalau kondisi objektifnya sudah matang, maka perubahan akan terjadi,” ungkap Rizal Ramli dalam pernyataannya yang beredar di WAG Jumat, 3 Juni 2022.

Menurit Rizal pertanyaan mendasar adalah apakah (saat ini) kondisi objektif perubahan itu sudah matang atau belum? Menurut kami sudah matang.

“Mengapa SAAT INI kondisi objektif perubahan sudah matang?”

Karena ada 3 faktor berikut:

1. Kondisi ekonomi rakyat golongan menengah ke bawah saat ini susah banget.
Hari ini, rakyat menengah ke bawah kita betul-betul susah karena pekerjaan tidak ada, juga uang yang beredar sedikit sekali.
Pendapatan yang naik besar hanya untuk oligarki yang menguasai mineral, tambang, sawit.

2. Pemerintah mengalami kesulitan likuiditas karena terus ingin proyek dan proyek, termasuk proyek Ibukota baru.
Semangat proyek luar biasa karena mark-up dari setiap proyek tersebut minimum 20%, yang menjadi bancakan para pejabat tanpa peduli bagaimana membayar utang untuk proyek-proyek tsb.

Pembangunan tanpa perencanaan yang matang dan cenderung ugal-ugalan.
Akibatnya, semua harus dinaikkan. Tarif, pajak, listrik, dan semua hal harus dinaikkan untuk menutupi kondisi keuangan negara yang memang berat ini.

3. Internasional menganggap rezim ini adalah rezim yang
• pro-Beijing,
• semi-otoriter, dan
• tidak mampu selesaikan masalah dasar kebutuhan rakyatnya.

“Kalau 3 faktor itu digabung,  Kondisi ekonomi rakyat golongan menengah ke bawah yang susah, Keuangan negara yang selalu menaikkan harga-harga karena kesulitan likuiditas, dan, Persepsi dunia internasional, maka, perubahan akan terjadi karena, kondisi objektifnya sudah matang. Lantas akankan terjadi perubahan cepat? (JAKSAT/RED)