MENPAREKRAF DAN DUTA BESAR RUSIA HADIRI MOU INKOPONTREN DENGAN PENGUSAHA MUSLIM NEGARA FEDERASI RUSIA

0
54

JAKARTASATU.COM – Ditengah hiruk pikuk konflik Rusia dengan Ukraina, INKOPONTREN memanfaatkan peluangbisnisnya nya dengan menggandeng mitra Bisnis dari Rusia, uniknya delegasi ini dipimpin olehMuftie Rusia, Shaikh Albir Krganov, delgasinya terdiri dari Rail Fazulzyanov Direktur Utama, OOO “TD EMIZ”, Republik Tatarstan, Ramil Yarulin (Direktur Utama, OOO “Pabrik makananyang sehat”, Republik Tatarstan), Rail Minegaliev (Direktur Utama, OOO “StroyTrast”, Republik Tatarstan), Yan Safarov (Direktur Utama, OOO “IPP Teknologi Baru”, RepublikBashkortostan), Alyena Zainetdinova (Direktur Pemasaran, OOO “IPP Teknologi Baru”, Republik Bashkortostan), Mikhail Leonov (Wakil Direktur Utama Jurusan Teknologi Informasi– OOO “IPP Teknologi Baru”, Republik Bashkortostan), Ahmed Nadyirbegov (Wakil UlamaRepublik Dagestan, Waketum Dewan antar lembaga di bawah Kementerian Politik Nasional, Republik Dagestan), Ashab Jamaludinov (Assistant Waketum Dewan antar lembaga di bawah Kementerian Politik Nasional, Republik Dagestan), Alexander Popov (Senior Researcher, Institute of Oriental Studies, Russian Academy of Sciences; Kepala Komisi Kerjasama denganIndonesia dari KADIN Moscow).

Delegasi diantar INKOPONTREN bersilaturahim dengan Sandiaga Salahudin Uno Ketua DewanPembina INKOPONTREN di Ruang Kerjanya, “Selamat Datang di Indonesia, kedatangan yang mulia Muftie Rusia, Shaikh Albir Krganov beserta rombongan pengusaha Muslim, adalahcatatan penting bagi bangsa Indonesia khususnya INKOPINTREN, banyak hal yang dapatdikerjasamakan dan saya mendukung hal tersebut

Sementara ini Dr. H. Mohamad Sukri Ketua Umum INKOPONTREN menyampaikan, Pertemuan ini tindak lanjut pertemuan di Kazan Rusia beberapa Minggu lalu, saat itu ditugaskanMuhamad Azhari Bendahara Umum menghadiri nya, saat saya ditemani H. Hapi Zajuli, SE Sekretaris Umum, Yustian Dewi Widiastuti, SH., MH Wakil Sekretaris Umum, Deva RahmanMSc Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri, Drs. Arif setia Darmawan Ketua Bidang Migas danEenergi Terbarukan, Tarmidzi Abka Ketua Bidang Industri Seni dan Ekonomi Kreatif, karenaterkait dengan bidang bidang yang akan dikerjasamakan, akan dibahas pada sore nanti dalambusiness meeting.

Shaikh Albir Krganov menuturkan terimakasih atas kesediaan Sandiaga Salahudin Uno yang tentunya sangat sibuk, peradaban Indonesia Rusia sangat lah erat dari dulu hingga sekarangdemikian pula hal nya dengan kita pernah disatukan dengan sejarah Islam, sungguh baik bilahubungan kedua Negara untuk terus menjaga keharmonisannya, point penting yang akan ditandatangani dengan INKOPONTREN adalah tentang Wisata Religius dan Produk serta jasa Halal.

Kedua pihak bersepakat melakukan kesepakatan kerjasama, yang telah dibahas oleh PihakIndonesia dan Rusia difasilitasi dan dijembatani oleh Duta Besar Rusia di Indonesia, NaskahPerjanjian itu ditandatangani oleh  Sheikh Albir Hazrat Krganov mewakili delegasi Rusia dan Dr. Drs. H. Mohamad Sukri, MM mewakili INKOPONTREN, disaksikan oleh Lyudmila VorobievaDubes Rusia dan Sandiaga Salahudin Uno Ketua Dewan Pembina INKOPONTREN.

Para Pihak berencana untuk bekerja sama dengan tujuan meningkatkan dan mendorong potensiusaha bersama secara efisien dan berkesinambungan serta pemanfaatan kedua belah pihak dalambidang sebagai berikut :

1) Pengembangan Pendidikan keislaman dan diplomasi sipil – agama;
2) Pengembangan pariwisata halal termasuk di tempat-tempat bersejarah dari kedua negara;
3) Pengembangan kapasitas intelektual dan ilmiah dari masyarakat Muslim;
4) Penciptaan dan pengembangan program pertukaran para pelajar antara Indonesia dan FederasiRusia di perguruan tinggi agama islam serta pemberian bantuan kepada para mahasiswauntuk mendapat pengalaman ekonomi praktis di perusahaan-perusahaan kedua negara.

Selain hal diatas juga Para Pihak Sepakat akan melakukan Dukungan di bidang Perdagangan, diantaranya :

a) Ekspor/Impor barang produksi energi hijau antara Indonesia dan Rusia;
b) Ekspor/Impor barang produksi ekonomi kreatif antara Indonesia dan Rusia.

Di bidang pertanian :

Pemberian bantuan dalam sertifikasi hasil produksi pertanian sesuai dengan standar “Halal” sertadalam pemasarannya di Indonesia dan Rusia.

Di bidang peternakan:

Pemberian bantuan dalam sertifikasi hasil produksi peternakan sesuai dengan standar “Halal” serta dalam pemasarannya di Indonesia dan Rusia.

Di bidang perikanan dan kelautan:

Dukungan pemasaran hasil perikanan dalam perdagangan Indonesia – Rusia.

Acara ditutup dengan sholat Jumat bersama di Gedung Sapta Pesona dengan Imam Muftie Rusia,Shekih Albir Hazrat Krganov. (RED/RLS)