Semangat Berwisata Melalui Video Kreatif

0
51

JakartaSatu — Aktivitas pariwisata DKI Jakarta kembali berdenyut seiring terkendalinya kasus Covid-19 dan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat yang diikuti dengan penurunan level PPKM di Jawa-Bali. Masyarakat juga semakin percaya diri untuk berwisata karena melihat kesungguhan dan kepatuhan pengelola lokasi pariwisata menerapkan protokol kesehatan dan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability).

Di sisi lain, kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan ikut membantu percepatan pemulihan kunjungan wisata. Tak heran, sebagian besar masyarakat sudah berani menghabiskan waktu liburnya dengan mengunjungi lokasi-lokasi wisata bersama keluarga tercinta terutama pada hari libur nasional maupun hari libur keagamaan.

Hal inilah yang terekam dan terlihat dalam hasil karya Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya. Mayoritas karya video yang dikirimkan peserta menampilkan optimisme kebangkitan pariwisata di Jakarta dari dampak pandemi Covid-19. Semangat mengunjungi lokasi wisata dibarengi dengan kedisplinan masyarakat maupun pengelola wisata terhadap penerapan protokol kesehatan.

Ferdi Setiawan, Ketua Panitia Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022, mengatakan tujuan diselenggarakan lomba untuk menjaga semangat untuk berwisata di tengah pandemi sekaligus mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus tetap tegak dilaksanakan di lokasi wisata. Oleh karena itu, tema lomba adalah “Bangkit Wisata Jakarta” dengan 3 (tiga) kategori peserta yaitu pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan jurnalis TV. Ferdi yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Konvergensi New Media IJTI Jakarta Raya berharap kegiatan ini bisa diselenggarakan lagi tahun depan. “Besar harapan kami, lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik bisa menjadi agenda rutin tahunan dalam setiap rangkaian Peringatan dan Perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Jakarta Raya Feby Budi Prasetyo mengungkapkan jurnalis ikut bertanggungjawab untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat berwisata. “Konten video merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengajak semua pihak dan menularkan optimisme menghadapi pandami. Sebab, pandemi belum berakhir namun pariwisata harus bangkit dan bergerak kembali dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan”, ujarnya.

Dalam melaksanakan kegiatan, Panitia Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 berkolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Pemprov DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta serta sejumlah perusahaan swasta maupun BUMD.

Selama perlombaan yang berlangsung sejak 1 Februari – 31 Mei 2022, panitia telah menerima 40 karya video kreatif dari tiga kategori peserta lomba yaitu pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan jurnalis TV. Dari ketiga kategori peserta dipilih 3 video terbaik untuk sebagai pemenang untuk masing-masing kategori. Penetapan video terbaik diputuskan tim dewan juri yang terdiri dari perwakilan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta, akademisi dan jurnalis TV profesional.

Adapun daftar pemenang lomba untuk kategori pelajar SMA/SMK/MA: Juara 1 Hafizd Fadhlullah (SMAN 99 Jakarta), Juara 2 Fidava Khalaf Hasibuan (SMA Muhammadiyah 1 Jakarta), Juara 3 Ericko Satria Pamungkas (MAN 12 Jakarta). Pemenang kategori mahasiswa: Juara 1 Bianca Sekar Salsabilah (Universitas BSI), Juara 2 Mukhlis (STIU Al Hikmah), Juara 3 Millenia Arifah (ST MKG). Sedangkan pemeneng kategori jurnalis TV: Juara 1 Christie Leonita (MNC News Channel), Juara 2 Livia Ramadhanti (Metro TV), Juara 3 Dimas Rahkasiswi Susanto (Metro TV).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Mengapresiasi kegiatan lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik 2022 dengan tema Bangkit Wisata Jakarta yang diinisiasi IJTI Jakarta Raya.Terlebih dengan melibatkan peran serta pelajar dan mahasiswa dan juga Jurnalis Televisi di Ibukota.

(Yos/jaksat)