Kritik Draf RUU KUHP, Rizal Ramli Sebut Pemerintah Hanya Mampu Tiru Jeleknya Sistem RRC

211
Dr. Rizal Ramli | IST
Dr. Rizal Ramli | IST

JAKARTASATU.COM – Rencana pemerintah untuk menyusun dan menyempurnakan draf Rancangan Undang-undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana atau RUU KUHP terus menuai protes dan kritikan.

Mulai dari kritik bahwa draf RUU KUHP ini yang tidak terbuka ke publik, sampai kepada bocoran-bocoran konten yang memicu bermacam kritikan dan protes dari berbagai macam kalangan.

Salah satunya adalah kritik yang dilontarkan oleh Rizal Ramli. Menurut Rizal, pemerintah mau mencontoh sistim otoriter ala Cina, dengan draft KUHP untuk membungkam suara-suara kritis.

Namun ada bedanya, China mampu angkat 700 juta rakyat dari kemiskinan, mampu sediakan kebutuhan pokok, kesehatan dan pendidikan untuk rakyatnya, sementara itu Pemerintah Jokowi dinilai sangat lambat kurangi kemiskinan dan tidak mampu atasi mahalnya harga kebutuhan-kebutuhan pokok.

“Hanya sibuk naikin pajak, tarif dan utang. Sistim otoriter akan makin mencengkram lewat draft KUHP, yang hanya akan meningkatkan dan menyuburkan KKN, bukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat! Hanya mampu meniru yang jeleknya dari sistim RRC!” tegas Rizal Ramli.(28/6) geram. (Yos/Jaksat)