CABE (Catetan Babe*): HUT RS 2/7/2022 Dari Mana Penulisan Sejarah Dimulai?

79
RS di Inggris | IST
RS di Inggris | IST

HUT RS 2/7/2022
Dari mana penulisan sejarah dimulai?

JAKARTASATU.COM – Sejak terjadi komunikasi dan pertukaran peradaban dan bahasa. Kapan sejarah “modern” bermula? Sejak dipakainya alat pembayaran. Kapan terbentuknya konsep dasar kebangsaan? Sejak dikenalnya identitas kebangsaan. Bermula dari nama kenegrian, lalu ikatan-ikatan persatuan.

Masa sebelum sejarah: Periode cave live, lanjut ngadeglang/klendér (keluar gua) lalu masuk dalam kehidupan river basin society, dan terbentuknya komunitas adat, bahasa dan music s/d kedatangan bangsa-bangsa luar.

Adapun kedatangan bangsa-bangsa luar s/d digunakannya alat pembayaran, dan persebaran paham ketuhanan dan agama, ini sudah masa sejarah.
Sejarah dibagi tiga bagian:

1. Digunakannya alat pembayaran, calender system, seni arsitektur dan terbentuknya zona econ, lanjut dengan pembentukan power system. Yang terakhir tak senantiasa, karena tidak banyak zona econ yang berubah format jadi kerajaan.
2. Pembentukan dasar-dasar hukum dan bahasa yang dimengerti bersama antara komunitas penduduk.
3. Terbentuknya kesatuan kuasa, regionalisme, sepanjang diperlukan pada saat itu.

Sejarah Indonesia ditulis dengan focus mayor power system, sedangkan mayor power system di Indonesia terbentuk rata-rata pada XIII/XIV M.

Penulisan ulang sejarah Indonesia diperlukan, karena sejarah salah satu elemen yang berpengaruh pada pembentukan karakter bangsa.

*) Ditulis oleh Ridwan Saidi,
budayawan Betawi, sejarawan, dan intelektual Islam

(Yos/Jaksat)