JALAN TERJAL PERJUANGAN PT NOL PERSEN

194

JALAN TERJAL PERJUANGAN PT NOL PERSEN

Oleh: Setya Dharma Pelawi (Senator Jaringan Aktifis ProDem)

Presidential treshold nol persen adalah perjuangan terhadap kesetaraan dalam sistem demokrasi. Kebijakan politik PT20% tersebut sudah terbukti efektif untuk mengendalikan proses pemililihan presiden agar selalu dimenangkan oleh para penyokong kekuasaan oligarkhi. Melalui pembatasan pt 20 persen siapa pun calon yang ingin lolos harus bersekutu dengan kekuatan oligarkhi agar mendapat tiket partai politik. Siapa pun yang terpilih sudah pasti memiliki ikatan politik dengan pengusaha penyokongnya.

Menjelang pemilu 2024 perjuangan membatalkan PT 20% marak kembali. Berbagai pihak nekat mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Padahal sudah berulangkali gugatan tentang hal tersebut kandas. Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada teman2 yang masih berjuang, penulis ingin menyampaikan keyakinan bahwa gugatan tersebut sulit diwujudkan.

Oligarki tidak akan pernah memberi ruang bagi kekalahan kepentingan mereka. Mereka sudah mengendalikan semua kekuasaan termasuk Partai Politik dan kekuasaan eksekutif. Apalagi sekarang kita tahu bahwa kekuatan oligarki lebih terorganisir, ditambah Ketua Mahkamah Konstitusi adalah adik ipar Jokowi. Apakah mungkin Sang adik berani mengambil keputusan hukum yang berbeda dengan kepentingan politik kakaknya? Silakan dipikir matang.

Pada sisi partai politik, hambatan yang ada tidak kurang kuatnya. Partai-partai besar yang memiliki bargaining politik terhadap eksekutif pun belum tentu berani menentang kepentingan oligarki. Termasuk partai “wong cilik” PDI Perjuangan yang kini tengah galau karena calon Presidennya tidak populer. Selain diuntungkan oleh PT 20 persen, PDIP tidak mau mengambil resiko kehilangan sumber pendanaan dari para oligarki sekutunya.

Menurut hitungan akal sehat, perjuangan akan kalah. Meskipun demikian sebagai pejuang konstitusi yang tak kenal pensiun maka pasti tidak akan mengeluh. Melawan oligarkhi dengan PT nol persennya pasti akan terus dilanjutkan. Semoga rakyat segera sadar bahwa sumber kekacauan politik dan ekonomi bangsa ini adalah PT-20 persen itu. Karena tanpa didukung oleh gerakan rakyat yang massif maka tekanan melalui Mahkamah Konstitusi akan dianggap angin lalu. Mari kita kobarkan perlawanan rakyat terhadap Jokowi dan sekutu oligarkinya yang menyandera demokrasi dalam pasungan presidential treshold 20 persen.

Tetap semangat kawan
Salam Juang Sampai Renta
Kawan Perjuangan.