Pagelaran HUT WOB ke-50 Tahun Karya Anak Panggung Lakon “Gatutkaca” Didukung Pemprov DKI dan Para Pemangku Kepentingan

53
Pagelaran Wayang Orang Bharata Karya Anak Panggung dengan lakon
Pagelaran Wayang Orang Bharata Karya Anak Panggung dengan lakon "Gatutkaca".

JAKARTASATU.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta mendukung berbagai kegiatan seni dan budaya di Kota Jakarta. Salah satunya kegiatan Pagelaran Wayang Orang Bharata Karya Anak Panggung dengan lakon “Gatutkaca”. Pagelaran yang diinisiasi oleh Paguyuban Wayang Orang Bharata (WOB) itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT WOB ke-50 tahun pada 5 Juli 2022.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana menyampaikan bahwa bentuk dukungan dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta antara lain dengan menjembatani rencana revitalisasi Gedung WOB yang akan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

“Dinas Kebudayaan bekerja sama dengan para stakeholder yang akan mendanai revitalisasi WOB. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kesan positif bagi para tokoh masyarakat dan semangat para pelaku seni budaya,” ujarnya, di Jakarta, Senin (4/7).

Seperti diketahui, Paguyuban WOB yang berdiri sejak 5 Juli 1972 sudah menaungi lebih dari seratus penari, pengrawit, dan sinden yang selama beberapa generasi masih aktif dalam panggung kesenian tradisional di Kota Jakarta dengan menyajikan kesenian wayang orang panggung.

“50 tahun sudah kelompok WOB hadir menjadi salah satu destinasi hiburan di Jakarta dari beberapa generasi. Secara konsisten WOB tetap menjadi pusat perkumpulan orang-orang yang setia melestarikan pertunjukan wayang orang dengan lakon-lakon terkenal seperti Ramayana dan Mahabharata,” jelas Teguh Kenthus Ampiranto, Ketua Paguyuban WOB.

Kenthus menambahkan, tidak mudah bagi sebuah kelompok seni yang membawakan tontonan tradisional dengan tetap mempertahankan eksistensi di tengah hingar bingarnya budaya pop yang populer di kota besar seperti Jakarta ini. “Suatu kebanggaan juga, kami bisa menghadirkan perwakilan dari 9 generasi,” ungkapnya.

Untuk informasi, Pagelaran WOB Karya Anak Panggung dengan lakon “Gatutkaca” dan bertajuk “Langgengmu adalah Harapanku, Lestarimu adalah Tanggung Jawabku” merupakan hasil kolaborasi dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, PT Bank DKI, PT Food Station Tjipinang Jaya, dan Perumda Pembangunan Sarana Jaya.

Pagelaran itu rencananya akan menghadirkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Direktur Utama Food Station; Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya; Kepala Biro Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia; Executive Vice President TMII; Sekjen PDIP, Dito Mahendra; Jaya Suprana; Kondang Sutrisno; Agung Kuswandono; serta perwakilan dari generasi Wayang Orang Bharata. (Yos/Jaksat)