Dinkes DKI Buka Booth Vaksinasi di JIS

71
Gedung Dinkes DKI Jakarta | IST
Gedung Dinkes DKI Jakarta | IST
JAKARTASATU.COM – Jelang pelaksanaan salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS) Minggu (10/7) mendatang, Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka booth vaksinasi gratis di JIS. Sebanyak 1.000 dosis per hari disiapkan di setiap titik untuk pelaksanaan vaksin booster menggunakan mobil keliling yang akan dibuka mulai Jumat (8/7). Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti menyampaikan agar masyarakat segera melengkapi vaksin setidaknya mulai H-2 Iduladha.

“Masyarakat yang akan mengikuti salat Ied berjamaah dapat melengkapi vaksinnya mulai besok Jumat, agar saat hari H semua yang hadir sudah melakukan vaksin booster bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan wajib sudah vaksin kedua bagi anak usia 6-17 tahun. Sedangkan anak di bawah 6 tahun tidak disarankan ikut hadir,” terang Widyastuti pada Kamis (7/7).

Masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk melakukan vaksin melalui aplikasi JAKI atau bisa datang langsung ke lokasi sesuai jadwal. Jadwal dan lokasi vaksin booster di JIS sebagai berikut:

  • Jumat, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjakarta, sebanyak 1.000 dosis
  • Sabtu, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjkarta, sebanyak 1.000 dosis
  • Minggu, pukul 05.00-12.00, di Ramp Barat dan Ramp Timur, sebanyak 2.000 dosis

    Selain di JIS, masyarakat juga bisa melakukan vaksinasi di layanan vaksinasi terdekat, baik di Puskemas, Rumah Sakit, Monumen Nasional, Taman, dan lokasi sentra vaksinasi lainnya. Selain itu, diimbau bagi masyarakat yang akan melakukan salat Ied di JIS agar dalam kondisi sehat, tidak bergejala sakit, dan tidak sedang menjalani isolasi mandiri, serta memakai masker medis selama berada di lokasi acara. Masyarakat juga disarankan untuk mengambil air wudu di rumah untuk mengurangi antrean, membawa peralatan salat sendiri, dan menyiapkan handphone untuk scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi di lokasi acara.

    Untuk memastikan kebersihan lokasi, dukungan juga dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta yang akan mengerahkan petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area JIS yang akan digunakan untuk melaksanakan salat Ied berjamaah. (Yos/Jaksat)