Anies Ajak Media Berdialog dengan Warga Saat Lantik Pengurus JMSI DKI: Biasanya Suara Masyarakat di Belakang Lebih Jujur dan Terbuka

47
Gubernur Anies Baswedan berfoto bersama Pengurus JMSI DKI | JAKSAT
Gubernur Anies Baswedan berfoto bersama Pengurus JMSI DKI | JAKSAT

JAKARTASATU.COM – Menyempatkan diri untuk menyampaikan pamitan karena sebentar lagi akan selesai dalam menjalankan tugasnya dalam memimpin Provinsi DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak segenap kalangan media siber dari Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang hadir dari seluruh daerah di Indonesia untuk menyempatkan diri menelusuri pojok-pojok kota Jakarta sekaligus merekam suara-suara kesaksian warga mengenai kondisi kota Jakarta yang ada sekarang ini.

Ajakan ini dilontarkan Anies saat memberikan sambutannya atas Pelantikan Pengurus JMSI DKI Jakarta di Balai Agung Balai Kota Jakarta Selasa (2/8/2022). Menurut Anies, suara-suara kesaksian warga Jakarta secara langsung dan spontan dri masyarakat adalah suara jujur dalam memberikan penilaian atas pencapaian yang diraihnya selama memimpin Jakarta.

““Kami mengajak yang hadir di Jakarta untuk menikmati kota Jakarta. Silakan juga merekam pendapat masyarakat tentang Jakarta. Biasanya suara-suara masyarakat yang berada di belakang lebih jujur dan terbuka. Silakan berinteraksi dan berdialog dengan warga kita,” ajaknya.

Lebih lanjut Anies juga memaparkan mengenai model pendekatan yang dilaksanakannya dalam membangun Jakarta. Yaitu pembangunan yang berorientasi kepada kesetaraan dan keadilan tanpa memandang kelas-kelas ekonomi masyarakat.

Banyak ruang publik yang dibangun menjadi ruang pertemuan khalayak dengan kasetaraan dan keadilan yang nyata. Ia mencontohkan pembangunan trotoar yang artistik dan nyaman di sepanjang jalan Sudirman agar kawasan Sudirman tak hanya bisa dinikmati oleh yang berkantor di kawasan tersebut saja.

“Transportasi publik menghadirkan kesetaraan. Mereka yang memakai mobil pribadi, ketika berganti naik transportasi publik tidak kelihatan lagi kelas-kelas ekonominya,” jelas Anies.

Pada seremoni pelantikan Pengurus JMSI DKI Jakarta tersebut, Ketua JMSI DKI Jakarta Fahd Pandepie menyampaikan terima kasihnya kepada Gubernur Anies Baswedan yang hadir dan memberikan sambutannya.

Daftar Pengurus JMSI DKI Jakarta | Jaksat
Daftar Pengurus JMSI DKI Jakarta | Jaksat

Lebih lanjut, dalam sambutannya, Ketua JMSI Pusat Teguh Santosa juga memaparkan tentang peranan teknologi siber di Indonesia yang saat ini baru sebatas menjadi medium untuk menyampaikan pesan dan informasi semata. Karena itu, ke depannya, konsep teknologi siber ini harus benar-benar bisa membawa bangsa Indonesia ke alam demokrasj yang substansial.

Sebagai tambahan informasi, seremoni Pelantikan Pengurus JMSI DKI Jakarta tersebut juga dihadiri oleh pegiat-pegiat media siber serta sejumlah wartawan senior di antaranya: Muhlis Hasyim Yahya, Darmawan Supriyosa, Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, Hendrajit dan beberapa lainnya. | RED-JAKSAT