“Spriit Kemerdekaan” 39 Pelukis Indonesia…MERDEKA….!!!!

386

JAKARTASATU.COM — Pameran lukisan “Spriit Kemerdekaan” menampilkan lukisan dari karya 39 pelukis Jakarta dan luar Jakarta. Acara digelar di Grand Cempaka Bussines Hotel, Jakarta Pusat yang berlangsung sejak 1-10 Agustus 2022.

“Sesuai dengan tajuk pameran menunjukkan semangat kemerdekaan yang mengilhami pelukis yang berpameran,”kata Eddy Kamal pelukis yang juga sebagai penanggung jawab dari pameran ini kepada Redaksi, di Jakarta.

Dikatakan Eddy ada yang menarik kerena ada dua Jendral bintang satu menjadi peserta, dan dia pelukis. “Lewat karyanya sosok Diponegoro dibuat dengan gayanya dari pekukis yang juga polisi bintang satu Cryshnanda, begitu pula karya dari pelukis pensiunan bintang satu Angkatan Udara, Akbar Linggaprana karyanya pemai bulu tangkis juara dunia pasangan putri Indonesia,” jelas Eddy.

Karya lain peserta lainnya yang beragam dari wajah sosok Presiden Soekarno, Ibu Fatmawati yang sedang menjahit Bendera merah putih dengan layar belakang suasana pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno yang didampingi Bung Hatta.

  • Peserta pameran memang rata-rata tergolong pelukis senior diantaranya adalah Dicksy , A.R Tanjung, Jenni Mahastuti, G Widro Mansoer , Didiet K, Edo.Abdullah, Budi Karmanto, Dick Syahrir, Adlianto,.Lukman SH, Mulyawan Syarif, Eddyst, Eddi Markas, Yusuf Dwiyono, Maulana, Wayoe Oesman, Budiamin ( Bondowoso), Budi Karyono ( Bali ) Baem, Carsilah Dede, M. Hady , Andryadi, Toni Lais, Wantiyo, Adjar Utomo, Renni Alwi, Ambarsari S, Esti S Ardian ( Surabaya) Tripie katerina, Toni Lais, Wantiyo, Yusuf Dwiyono, Firta dan Eddy Kamal selain pelukis peserta juga sebagai penanggung jawab dari pameran tersebut.

Dengan tema ” Spirit Kemerdekaan” maka pada 1 Agustus, sebagai awal dibulan kemerdekaan RI ke,77 ditahun ini.

Dari karya yang ditampilkan ada tantangan pada karyanya itu sendiri. Mereka masing- masing memiliki warnanya sendiri, kekuatan idealisme yang selama ini telah berproses sejalan usia mereka dalam berkreatifitas, berkreasi dalam melahirkan karyanya.

Kesenimanan mereka cukup teruji dengan jam terbang tinggi, mereka melukis bukan baru kemarin, terbukti karya mereka menarik untuk dinikmati sebagai karya seni yang apik yang disajikan untuk kemerdekaan bangsa ini yang sudah 77 tahun merdeka. MERDEKA!!!!

(ed/ame-JAKSAT)