Sensasi Pejabat Teriak Yang Tak Menjabat Lagi

64
Hendrajit/ist

Belakangan beredar kabar entah benar entah hoax, bahwa Ferdi Sambo mau buka bukaan. Sebagai fakta pemberitaan saya
masih ragu, tapi isu yang terkandung di dalamnya layak saya ulas sedikit.

Bukan soal berniat buka bukaan. Tapi soal cara dan strategi bagaimana buka2an dilakukan juga sama pentingnya. Apalagi ketika menyangkut perkara rumit dan sensitif.

Beberapa konspirasi besar yang semula dikira cuma teori tapi terbukti nyata, berasal dari kesaksian narasumber yang punya posisi kunci baik lewat pengadilan maupun buku.

Beberapa saksi yang akhirnya menjadi sarana membongkar perkara, perlindungan keamanan saja belum cukup.

Beberapa bahkan sudah menyiapkan beberapa berkas dan dokumen yang disembunyikan di tempat aman. Dan kalau dirinya terjadi apa2, pengacara atau ahli waris yang dia tunjuk, akan mengeksposnya ke media massa dan instansi2 yang berwenang.

Saya kira pembocor sekelas Edward Snowdeen, Julian Assange atau Mark Felt, mantan Wakil Direktur FBI yang membongkar skandal wateegate 1974, menyiapkan asuransi semacam itu.

Jadi bukan bikin siaran pers ngundang wartawan terus buka ini dan itu padahal begitu kita nilai, lebih banyak sensasinya ketimbang nilai informasinya.

Yang saya lihat selama ini seperti itu khususnya pejabat yang saat ini tak menjabat lagi.                                   Hendrajit, senior Jurnalis