Dua Tahun Vakum, Flona 2022 Kembali Digelar Sebagai Pemberdayaan Flora Fauna di Ruang Ketiga

92
Pameran Pertamanan Flora dan Fauna (FLONA) Tahun 2022 | PPID
Pameran Pertamanan Flora dan Fauna (FLONA) Tahun 2022 | PPID

JAKARTASATU.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pameran Pertamanan Flora dan Fauna (FLONA) Tahun 2022 yang berlangsung di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (26/8). Pameran tersebut akan berlangsung selama sebulan, yakni pada 26 Agustus hingga 26 September 2022.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies  mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat, terutama komunitas yang telah berkolaborasi dan bekerja sama, sehingga pameran dapat kembali terselenggara setelah sempat vakum akibat pandemi COVID-19.

“Alhamdulilah, pada tahun ini Jakarta sebagai Kota Kolaborasi kembali mengadakan Pameran FLONA yang selalu ditunggu warga setiap tahunnya. Mengingat, dua tahun terakhir pameran ini tidak dilaksanakan karena adanya pandemi di Jakarta. Meski demikian, seperti yang kita ketahui bersama, pada masa pandemi tersebut minat masyarakat terhadap tanaman hias meningkat dengan pesat terutama pada tahun 2020-2021,” ujar Gubernur Anies.

Gubernur Anies juga menjelaskan bahwa pemanfaatan ruang ketiga di kawasan urban sebagai tempat pemberdayaan flora dan fauna sangat inovatif. Menurutnya, roda perekonomian tetap berputar di tengah pandemi dengan ramainya pasar tanaman hias. Lalu, masyarakat menemukan caranya masing-masing untuk menghadapi pandemi, terutama dalam mengelola stres dengan menekuni hobinya di rumahnya masing-masing, termasuk merawat tanaman hias.

“Oleh karena itu, pada kegiatan ini, para pehobi tanaman dapat bertemu secara langsung, sesuai dengan tema Kolaborasi Ruang Ketiga. Kolaborasi Ruang Ketiga merupakan tema yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ruang publik yang nyaman dan terjangkau. Kami juga konsisten mengupayakan ruang ketiga untuk interaksi sosial masyarakat Jakarta, berupa TMB, ruang terbuka hijau dan ruang-ruang publik guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas, berkarya, dan berekspresi,” jelas Gubernur Anies.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan citra Jakarta sebagai kota berkelanjutan yang maju kotanya dan bahagia warganya. Mari kita tunjukkan bahwa Jakarta dapat Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat dari sebelumnya,” imbuhnya.

Perlu diketahui, pada kegiatan ini terdapat 120 stan flora dan fauna serta stan komunitas. Stan tersebut memiliki tema yang sama sebagai perwujudan kolaborasi ruang ketiga, tetapi desain dan pengembangan untuk masing-masing stan disesuaikan dengan konsep masing-masing wilayah.

Selain stan instansi, terdapat juga 120 stan peserta flora dan fauna yang terdiri dari pelaku kewirausahaan di bidang pertamanan dan hutan kota. Di antaranya, stan tanaman hias, tanaman buah, tanaman obat, satwa peliharaan, serta stan makanan dan minuman.

Pembukaan Pameran FLONA 2022 turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzy Marsitawati, berserta lima para Wali Kota Administratif di DKI Jakarta beserta jajarannya. | YOS-JAKSAT