40 tahun Konjen RI Marseille, Adakan Resepsi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 77

29
JAKARTASATU.COM — Konsulat Jenderal RI Marseille pada 13 September 2022 menyelenggarakan resepsi Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus menandai 40 tahun keberadaan Perwakilan Konsuler RI di Marseille.
Pada bulan September ini juga, hubungan diplomatik Indonesia-Prancis telah menapak usia 72 tahun dan kini terus meningkat seperti yang terlihat dari jalinan kerja sama di berbagai sektor. Resepsi serupa baru kembali digelar sejak ditiadakan pada tahun 2020 dan 2021 akibat pembatasan sosial di Prancis terkait pandemi.
Resepsi dihadiri oleh pejabat Kota Marseille, Departemen Bouches-du-Rhône, Region Provence-Alpes-Côte d’Azur, Korps Konsuler Marseille, kalangan pengusaha, pegiat sosial budaya dan pendidikan serta tokoh masyarakat setempat.
Resepsi juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Puspa Mekar, Tari Legong Kupu-kupu Tarum dan Tari Legong Jobog yang dibawakan oleh Komunitas Penari dan Pecinta Legong ‘AyuBulan’ dari Indonesia. Pertunjukan seni budaya tersebut mendapat sambutan antusias dari para tamu undangan.
Konsul Jenderal RI, Arief Basalamah dalam pidatonya menggaris bawahi Kemitraan Strategis RI-Prancis yang telah disepakati sejak tahun 2011, yang difokuskan pada lima bidang kerja sama, yaitu perdagangan dan investasi, pendidikan, industri pertahanan, sosial budaya / people-to-people contacts, dan penanganan dampak perubahan iklim.
Konsul Jenderal RI menyinggung pula penandatanganan nota kesepahaman antara PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) dengan Airbus awal September 2022 tentang kerja sama peningkatan bisnis aerostructure serta maintenance, repair, and overhaul (MRO) sebagai salah satu wujud kerjasama bidang industri kedirgantaraan Indonesia-Prancis yang telah dirintis sejak lebih dari empat dekade.
Kerjasama ini menjadi rangkaian dalam kerangka kerjasama G20 guna memperkuat ekosistem industri dirgantara di Indonesia. Konsul Jenderal RI juga mengundang para pelaku usaha untuk hadir dan mengikuti Trade Expo Indonesia yang akan diselenggarakan secara hybrid: pada 19-23 Oktober 2022 diikuti secara langsung di Jakarta atau secara daring hingga 19 Desember 2022.
“Melalui Expo ini, dengan tema Strengthening Global Trade for Stronger Recovery, diharapkan para pelaku usaha Prancis dapat menggali potensi perdagangan dan produk ekspor Indonesia. Pada bagian akhir pidato, Konsul Jenderal RI menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bank Mandiri, Medco Energi, Emtek Media Company, Danareksa, Rumah Pesona Kain dan Sari Ayu Martha Tilaar yang mendukung kehadiran tim kesenian AyuBulan ke Marseille,” ungkap Arief Basalamah.  
ljaksat/0ni