BJORKA LIHAI NEGARA LUNGLAI

13
Akun Twitter Bjorka | IST
Akun Twitter Bjorka | IST

By. MUHAMMAD NUR LAPONG
Direktur LBH & Research Centre ForJIS

Mahfud MD mengatakan pemerintah sudah memiliki alat untuk melacat gambaran soal sosok dan keberadaan pelaku. Dia selanjut menegaskan pemerintah serius dalam menyikapi pembobolan data oleh Bjorka. Pernyataan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia ini setidaknya membuat publik menjadi agak sedikit tenang, mengingat pengguna media sosial aktif di Indonesia telah mencapai 191.4 juta pada Januari 2022 menurut TiNewss.Com.

Melalui Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, Polri Masih bekerja guna mencari keberadaan sosok Bjorka. Pemerintah sudah mengidentifikasi identitas Bjorka lanjutnya.

Heboh sosok Peretas Bjorka setelah surat dan dokumen untuk Presiden Indonesia, termasuk surat yang dikirim BIN dengan label rahasia telah bocor. Peretas Bjorka juga mengklaim sebagai dalang peretasan 1,3 miliar data registrasi SIM Card.

Asiik menulis artikel ini, tiba tiba dapat berita Bjorka Diendus Ketangkap di Madiun. Wow prestasi luar biasa pikirku, pihak kepolisian secepat kilat bisa menangkap seorang Bjorka. Dalam link berita yang viral, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan pihaknya membenarkan ada giat penangkapan seseorang yang diduga tersangka atau peretas Bjorka. “Yang (ditangkap) di Madiun sedang didalami terkait masalah yang bersangkutan,” kata Dedi di Mabes Polri.

Setelah pemuda asal Cirebon, Jawa Barat gagal ditemukan bukti kuat bahwa dirinya yang berinisial MSF (17) di balik hacker Bjorka. Kini polisi atau Tim Cyber Mabes Polri fokus mengindentifikasi kembali seorang anak pemuda di Madiun, Jawa Timur diduga kuat di balik hacker Bjorka berinisial MAH (21).

Namun, sosok MAH yang disebut telah ditangkap itu tidak memiliki komputer apalagi laptop canggih sebagai alat untuk menjalankan aksinya dengan mengacak-acak Data Pribadi para pejabat di negeri ini. Apa bisa mengakses informasi itu dengan menggunakan handphone ? Sosok MAH penjual es dalam aktivitas sehari-harinya. Hebat sekali MAH ini jika benar-benar sosok di balik Bjorka.

MAH adalah anak bungsu dari sang Ibu MAH Suprihatin (48) Sang suami bernama Jumanto (52) yang memiliki tiga anak berprofesi sebagai buruh tani. Ibu Suprihatin yang lagi prihatin pun syok sambil menangis mendengar anaknya ditangkap polisi.

Berselang sehari setelah Pemuda MAH tersebut ditangkap polisi hari Rabu (14/9). Ajaib, Kamis (15/9/2022), Bjorka justru masih bisa mengunggah pernyataan melalui saluran Telegram. Dalam unggahannya, Bjorka mengecam penangkapan MAH. Dia menegaskan, polisi salah menangkap orang. “Anak ini ditangkap dan diinterogasi oleh pemerintah Indonesia,” tulis Bjorka. Selanjutnya, Bjorka turut mengecam seorang warganet yang menjadi sumber pertama tuduhan terhadap MAH. “Untuk drak tracer guy, ini adalah dosamu menyediakan pelayanan palsu kepada pemerintah Indonesia dan memberikan informasi salah kepada sekelompok idiot,” kecam Bjorka

Dengan terang Bjorka  menulis di akun twitter @Bjorkanism. “I, Bjorka, have heard the news of the arrest of a young ice seller in Madiun who on Wednesday night, September 14, 2022, was secured yesterday by the Cyber ​​Team of the National Police Headquarters for allegedly being the figure behind the Bjorka hacker,” tulis Bjorka sejam yang lalu dikutip pada pukul 18.42 WIB, Kamis (15/9/2022). Di mana ia menulis, “This is the official account @Bjorka, because the @Bjorkanism account has been suspended on Twitter.”

Tak hanya mengecam, Bjorka juga turut membocorkan data diri serta foto asli warganet yang menuduh MAH sebagai dirinya. “Untuk dark tracer guy, semoga beruntung,” tulis Bjorka yang mengunggah sejumlah foto dan profile WhatsApp warganet tersebut.

Bjorka juga sempat menjadi trending topic di Twitter selama beberapa hari karena akunnya muncul di media sosial tersebut dan menyebarkan data sejumlah pejabat negara, di antaranya Menteri Kominfo Johnny G. Plate dan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Aduh! Kok cerita jadi seperti ini? Om Mahfud MD. gimana ini Tim Khusus (Timsus) gabungan bentukan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam). gabungan dari Kominfo, Polri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) hingga Badan Intelijen Negara (BIN). Jangan lunglai dong !?

Rakyat bangga pada kalian, hayo gowes saya yakin kalian bisa jangan malu maluin kita dong !? Apa kata dunia, pemerintah Indonesia kalah sama Bjorka? NKRI harga mati !

Bjorka lihai negara lunglai, itu hanya permen pahit bagi para pecundang. Saya selalu yakin Rakyat dan Bangsa ini hebat, dalam sejarahnya selalu melahirkan pahlawan, manusia abadi – inmortal kata penyair Mesir, Iqbal.

Rorotan/16/9/2022