Lukisan AR Tanjung/ ilustrasi

WOW…!! Manuver Partai Nasdem pimpinan Surya Paloh akhirnya memilih Calon Presiden 2024 dideklarasikan. NasDem mendukung eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju bukan tanpa alasan. Inilah debut yang mengejutkan dan paska deklarasi ini politik terus mengalami pergolakan bahkan banyak yang menjadi panik. Saat ini baru Anies Baswedan yang siap sebagai calon presiden 2024 siapa menyusul?

OLEH AENDRA MEDITA KARTADIPURA, (JAKARTASATU.COM)

PERNYATAAN Anies bahwa babak satu telah berakhir, mari kita lanjutkan babak berikutnya di balai kota disambut riuh panjang ribuan warga yang kumpul dan dengan teriakan dan tepuk tangan adalah pertanda bahwa Anies Baswedan siap maju. jadi Presiden 2024. “Hari ini, tepat 16 Oktober 2022 masa berakhir bekerja saya dan Bapak Ahmad Ariza Patria. Izinkan kami berdua mengembalikan mandat ini kepada warga Jakarta,” ungkap Anies. Pidato perpisahan Anies Baswedan yang bertajuk Terima Kasih Jakarta itu menguncang di Medan Merdeka Selatan yang menghadap Medan Merdeka Utara. Anies Baswedan saat itu juga mengajak warga menyanyikan lagu “Bendera Merah Putih”, dilanjutkan dengan lagu ” Maju Tak Gentar. Usai menyanyikan dua lagu tersebut, Anies mulai pidato.

“Lima tahun yang lalu, tanggal 16 Oktober 2017, berdiri dini saya mendapatkan mandat untuk menjadi Gubernur DKI. Saya katakan bahwa saya akan bekerja keras, bekerja bersungguh-sungguh,” jelasnya Kita ingin kotanya maju dan warganya bahagia. Masih ingat itu semboyan dengan Wakilnya saat itu yang kini duduk jadi Menteri Barekraf.

Kini Jakarta tanpa Anies sejak Pukul 00.00 17 Oktober 2022. Peta Politik berubah bahkan makin panas sejak Anies dicalonkan Partai Nasdem. Ini hal wajar, meski partai lain (Partai besar) belum juga ada yang berani colonkan capresnya (kecuali PSI) yang malu-malu usulkan Capres Ganjar sore setelah Nas dem jadikan Capres Anies. Anies Baswedan siap jadi Capres 2024. Ini makin leluasa geraknya. Ia harusnya akan konsentrasi penuh mulai dari sosialisasi dan jalan dari Aceh Sampai Ujung Papua.

Beda saat dia masih jadi Gubernur ia jalan di akhir pekan saat libur. Keleluasaan Anies yang kini menjadi calon presiden makin luas. Relawan pun sudah ratusan yang dukung dan deklarasi makin terus tumbuh. Beda dengan yang calon Presiden yang masih terikat Menteri, Ketua DPR bahkan masih Kepala Daerah dan ada ketua partai.

Dari segi gimmick Anies telah berhasil tampil memukau Ia adalah figur saat ini yang diidamkan. Langkah Nasdem bikin banyak partai dan politikus terbelalak dan harus atur siasat atau strategi. Nasdem yang bukan sekadar gimmick tapi curi adegan permainan cantik politik Indonesia.

Dan semoga finish mencapai juara menuju Istana. Dan kini memang yang sudah siap cuma Anies di babak kedua ia akan maju jadi Presiden dan mudah-mudhan jadi pemenang dan akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang lebih bermartabat dan kuat menjunjung tinggi nilai luhur bangsa. Tabik…!!