Percaya tidak percaya, keberadaan buzzer dan eksistensinya adalah nyata/IST

Ternyata, Politik Identitas Itu Kerjaan Buzzer

Alex Wibisono*

Beredar video. Viral. Seorang buzzer memprovokasi kaum Kristen agar kagak pilih Anies di pilpres 2024. Die minta kaum Kristiani kompak kagak pilih Anies, tapi bersatu pilih Ganjar.

Wow. Dahsyat sekali. Selama ini, keluar dari mulut die dan kawan-kawannya mengutuk politik identitas. Faktanya bro? Dia dkk yang serukan politik identitas. Bawa-bawa agama buat dukung Ganjar. Dasar buzzer.

Die pikir Umat Kristiani bodoh. Kagak! Umat Kristiani cerdas. Mereka tahu mana yang bener, mana yang kagak. Mana yang toleran, mana yang pura-pura toleran.

Orang percaya fakta bro. Bukan percaya orang ngegombal. Lu bilang kagak doyan jemgkol, tapi mulut lu bau jengkol. Orang percaya mulut yang mana?

Isu politik identitas mulai kebuka. Ternyata jualannya para buzzer. Dagangan buat nyari duit. Lumayan juga kata kawan die. Bisa buat kawin dan resepsi pernikahan. Undang bapak asuh. Makin ketahuan deh.

Dagangan politik identitas sebenarnya udah lama banyak yang tahu. Tapi ada juga yang terprovokasi.

Gue punya temen. Ngakunya pernah kuliah S2. Eh, terprovokasi juga. Hari-hari ngeshare hoaxs. Kagak tahu, nih orang pernah baca buku atau kagak. Mungkin kuliahnya di ruko samping pom bensin. Kan banyak sarjana kagak kuliah tapi punya ijasah. Di Sulawesi Selatan kemarin ada kejadian dan rame.

Kalau lulusan SD, ya normal kalau percaya bualan buzzer. Sarjana, masak kagak bisa bedain mana jualan, mana yang beneran. Mana kuning emas, mana kuning yang lain. Itu mah titelnya SG. Alias Sarjana Geblek.

Politik identitas mah provokasi recehan. Akhirnya kebongkar juga. Maling teriak maling. Yang melakukan politik identas die, yang dituduh Anies. Yang gaduh di NKRI die, yang disalahin Anies. Yang pecah belah die, Anies yang dipojokkan. Kelakuan!

Udah kagak bisa ngelak. Atu-atu mulai ketahuan. Makanye, jangan keterlaluan mendzalimi orang. Kedzaliman itu ade batasnya. Jangan diumbar. Benci ya sewajarnya aje. Nyari duit, juga ya sewajarnya aje. Kagak usah berlebihan. Kagak usah nyari duit dengan cara fitnah orang. Lebih kejam dari pembunuh bayaran. Kerjaan kagak halal. Entar malu sendiri.

Semua orang sekarang sudah tahu. Isu politik identitas itu kerjaan lu. Mau diterusin? Entar babak belur lagi. Udahlah… tobat. Jangan bikin gaduh negeri ini. Indonesia udah tenang, damai dan nyaman. Antar umat beragama rukun dan saling menghargai. Antar etnis saling menghormati. Gara-gara manusia alai kayak lu, dan juga temen-temen lu, semua jadi berantakan. Gara-gara ulah lu, jin aja kagak bisa tidur, apalagi manusia.***