BANYAK sekali yang mensurvei tokoh satu ini. Tanpa basa-basi dan unggulnya tak karuan alias jago. Ngomong di Internasional pun piawai. Ia unggul alias memang dia dinanti untuk pemimpin akan datang di negeri ini.

Saya ingin mengatakan jika saja ada survei bahwa siapa tokoh yang harus jadi pemimpin masa depan Indonesia yang go global. Ya dialah.

Judul Capres 2024 itu Harus Punya Ide Besar yang Mendunia adalah tak berlebihan. Ia telah kita lihat hasilnya nyata-nyata kerja. Dan dia itu adalah ARB. Anies Rasjid Baswedan, namanya

Tapi lebih akrab sapa nama depannya dan begitulah ia. Anies namanya tak terbendung dinanti oleh publik. Dimana pun kotanya di tanah air ia dinanti. Tapi yang menjegal begitu banyak, mulai soal ijin jika akan ada event, sampai soal fitnah keji terus bersahutan, ah..rupanya mereka takut, atau malah ingin tetap bangsa ingin di belah dua. Saya juga tak mau menyebutkan hinaan dan celaan yang sering muncul.

Bicara 2024 ini memang seksi, tapi para pemimpin daerah atau para pejabat yang ingin dan kebelet makin rame. Tapi Anies namanya ia sudah lepas dari jabatan Gubernur. Ia juga sudah siap laga karena satu-satunya. Sekali lagi satu-satunya yang sudah deklarasi Capres 2024 oleh partai Nasdem. Sementara yang lain masih malu-malu kuving dan sedang berkonsulidasi.

Anies namanya, adalah yang paling menarik dari yang ada kini. Saat sosialisasi pun ia kini dirinsu dan dinanti. Kini Anies bukan pejabat jadi tak akan bisa gunakan uang negera jika harus jalan ke sjumlah daerah. Tapi jika –para yang mimpi– ingin capres saya kira masih patut diduga mengunakan “dana jabatan” kesana-kemari kampanyekan diri dikawal oleh ajudan bersfari dan kadang lebih galak dari anjing penjaga lainnya. Anies namanya untuk yang ini relawannya sudah luar biasa.

Tapi biar tak dilihat pake uang negara dilakukan di hari kerja, tapi pake fasilitas negara dan bahkan ajudannya paling galak siap mengawal bahkan — sepertinya lebih galak dari gonggongan anjing galak– siap siaga mengawal mereka ke pelosok-pelosok.

Nikmat benar para pejabat saat ini. Bisa apa saja. Ditengah hiruk-pikuk minta tiga periode ini bergulir panjang. Bahkan kembali soal survei, ada lembaga survei yang khusus mensurvei bahwa ini kehendak rakyat.

***

Soal judul Capres 2024 itu Harus Punya Ide Besar yang Mendunia adalah pembicaraan saya dengan kawan aktivis 98 yang sebenarnya dia tak imngin tampil, namun hanya dibelakang layar saja. Dia mengatakan, “Tak ada lagi dari calon yang rame bisa mengalahkan yang sudah piawai di dunia global, ia adalah Anies,” katanya sambil ngopi arabica Solok malam itu.

Saya sepakat dan saya hanya ingin mengamini dia biar tahu bahwa apapun yang dilakukan Anies jauh sebelumnya sangat  telah jelas, bukan KW. Anies namanya orang simple. ia punya pola pikir cerdas dan bijak.

Tony Rosyid kirim tulisan ke saya isinya, masuk akal jika melihat Anies sebagai calon pemenang. Karena Anies boleh dibilang lebih lengkap syaratnya untuk memenangkan pilpres 2024 dari pada kandidat lain yang muncul. “Lihat trend survei, lihat potensi dan lihat pula perkembangan politik yang terus bergerak, Anies memang paling besar peluangnya untuk menang,” tulis Tony.

Saya melihat bahwa ini fakta politik saat ini. Anies memang tak terbendung. Anies unstopable. Anies sulit untuk dihentikan. “Kondisi obyektif ini yang mendorong sejumlah lawan politik berupaya menjegal Anies sebelum pertarungan di pilpres 2024,”lanjut Tony.

Kembali ke soal nama tokoh yang satu ini. Jika di lihat cara kerjanya sangat apik rapih dan terus saja berkelanjutan. Konsepnya belakangan kolaborasi. Bahkan integrasi, namun sebenarnya ia sendiri piawai dalam bernarasi yang bukan sekadarnya. Karena dengan begitu ia mampu menghalau serangannya yang begitu dahsyat dari para pembecinya. Ia hadapinya dengan senyum tapi dengan gaya yang khas lakukan caranya jawabnya dengan kerja karena baginya ia punya pola pikir masa depan lebhi baik ditata dari sekarang agar  gemilang.

Namun karena judulnya tulisan ini harus disudahi dulu maka sedikit pemantik info tulisan selanjutnya bahwa orang ini adalah orang yang layak jadi tokoh bangsa. dan akan menjadi yang terbaik diantara yang ada.

Saya mau ngopi  Solok Radjo dulu kopi arabika dari  Bukit Tabuah, Nagari Air Dingin Solok, Sumatera Barat dimana Aroma Kopi Solok Radjo dari Ranah Minang  ini kini makin  Mendunia juga sama seperti tokoh satu ini.

Kopi dari Ranah Minang jika Anda minat bisa di dapat dari #BIJIKOPI DUNIA234 dari jalan Kebagusan Raya 32 Jaksel yuk datang saja saya akan sajikan secangkir kopi ini paling enak dan gratis jika secangkir saja hehehe karena kopi bijinya saya jual dengan harga terjangkau.

Kesimpulannya bahwa tulisan ini adalah jika hari ini ada pemilu Pilpres ANIES BASWEDAN BAKAL JADI PRESIDEN 2024. Salam #Ngopipagi

AENDRA MEDITA