Jacob Ereste : UMKM Posko Negarawan Di Pamulang Siap Dilounching Pada 11 Januari 2023

50

Tim GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia) mampir ke Pondok Geliat Masa Tua di Serpong, Tangerang Utara untuk mempersiapkan UMKM (Usaha Masyarakat Kecil Menengah) Posko Negarawan yang akan dikelola oleh Ustad H. Achmad Abduh yang juga pengelola Pondok Pesantren Baitussalam, Pamulang, Selasa, 3 Januari 2023.

UMKM Posko Negarawan yang akan segera dilounching pada Rabu, 11 Januari 2022 ini berada di Pasar Pasar modern “Kita” Pamulang, Tangerang, dengan 6 titik counter yang mengakomodir ide dan selera generasi milineal. Karens itu, pada acara lounching akan dimeriahkan dengan life musik yang setiap Jum’at malam untuk menambah kemeriahan sajian life musik yang sudah ada pada setiap Sabtu malam.

Harapan Eko Sriyanto Galgendu UMKM Posko Negarawan ini tidak cuma untuk mengembangkan program ideal bagi Posko Negarawan memperluas kiprah pengabdian nya bagi masyarakat, tetapi juga dapat berperan dalam upaya pengembangan Pondok Pesantren, baik untuk sumber daya manusia maupun sumber pendanaan bagi pesantren agar dapat melesat cepat mekarkan kader-kader tangguh yang sudah memiliki pengetahuan serta pemahaman keilmuan yang berbasis agama yang sudah kuat.

Meski demikian, pakem urama GMRI dengan Posko Negarawan yang telah meletakkan sikap perjuangan bahwa
dakam laku spiritual tidak pernah akan mengedepan untuk memburu material, karena material bagi GMRI yang harus dipraktekkan oleh segenap eksponen yang ada meyakini bahwa dalam laku spiritual yang paripurna dapat dipastikan kelak dengan sendirinya akan dihampiri oleh material. Sebab spiritualitas yang sempurna akan menjadi guru — pembimbing, panutan serta bobot daru intelektualitas yang paripurna. Dalam perspektif filosofisnya, kata Eko Sriyanto Galgendu, “Spiritualitasku adalah guru intelektualitasku, dan intelektualitasku adalah guru spiritualitasku”, ujarnya mengutif ajaran yang dia warisi dari Gus Dur, ketika masih berkutat di kota kelahiraanya, Solo bersama Paku Buwono XII yang banyak memberi kunci-kunci dalam laku spiritual.

Seperti biasa, dalam setiap momentum pertemuan sahabat dan kerabat GMRI maupun dengan relawan hingga simpatisan yang ada dalam Posko Negarawan, tradisi diskusi atau tukar pendapat bisa meluas sampai jauh merambah topik yang terpaut dengan dimensi spiritualitas serta khazanan pengetahuan maupun pemahaman tentang negarawan yang diidolakan menjadi produk nyata mengelola bangsa maupun negara agar dapat lebih baik serta berkualitas untuk membangun peradaban baru yang terbaik bagi manusia — tidak hanya sebatas warga bangsa Indonesia semata — tapi juga untuk seluruh umat manusia di bumi. Sebab hanya dengan begitu essensi dari hakekat manusia sebagai khalifah Allah di muka bumi — setidaknya — dapat dimaknai sebagaima wujud nyata dari upaya membumikan rachmatan lil alamin.

Begitulah pakem bagi GMRI serta segenap relawan maupun eksponen Posko Negarawan yang sangat mengidolakan lahirnya sejumlah sosok negarawan dengan basis spiritual yang memegang teguh etika, moral dan akhlak mulia dalam upaya menata kehidupan bangsa agar mau dan mampu mengelola negeri ini lebih baik, imbuh Eko Sriyanto Galgendu pada sessi diskusi santai sambil menyantap Mie Ayam seusai sholat maqrib berjemaah bersama penduduk setempat.

Pamulang, 3 Januari 2023