Rizal Ramli: Perppu Ciptakerja jelas pelecehan terhadap putusan MK

20
Dr. Rizal Ramli | IST
Dr. Rizal Ramli | IST

JAKARTASATU— Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Dr. Rizal Ramli menyatakan Perppu Ciptakerja jelas pelecehan terhadap putusan MK. Miris sekali Mahfud sebagai mantan Ketua Hakim MK bukannya mencegah tapi malah bersekongkol memperlemah konstitusi.

Selain itu, tokoh pergerakan mahasiswa Indonesia era 1977/78 mengungkapkan perasaan sedihnya

“Saya kadang-kadang sedih membaca beginian. Ternyata bobot intelektual kawan saya Mahfud semakin merosot. Luntur di mesin cuci kekuasaan. Ironi,” ujar Rizal dalam Tweet DR. Rizal Ramli
@ramlirizal 4 Januari 2023.

Kemudian komentar dari akun @CakNur971 memberikan komentar.

“Maaf prof. Sy sepakat dg satu kenyataan prof Mahfudz, “malaikat pun akan menjadi iblis jika masuk dalam sistem yg dibangun rezim”. Salut buat prof. RR yg tetap mampu menjaga rasionalitas dan intelektualitasnya”

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman meluruskan komentar akun @CakNur971

“Itu tidak betul ! Banyak tokoh2 yg memiliki karakter, integritas, amanah tidak goyang oleh godaan kekuasan. Tokoh-tokoh Pergerakan Hatta, Dr.Tjipto, Natsir, Agus Salim dll. Tokoh Pasca Kemerdekaan, Ir. Sutami, Jend Hoegeng, Prof Siwabesy, Prof. Mahar Marjono, Prof Slamet Iman Santoso, Prof. Sujana Sapeii, Prof Koesnadi Hardjasoemantri dll,” tulis Rizal Ramli di akun twitternya lagi.

Rizal Ramli pun menjelaskan integritas tokoh-tokoh zaman pra dan pasca kemerdekaan RI.

“Puluhan tokoh-tokoh zaman Pra dan setelah Kemerdekaan telah teruji integritas, karakter dan keberpihakannya pada rakyat, Omongan kawan saya Mahfud bahwa semua orang akan berubah dari malaikat menjadi iblis setelah masuk kekuasaan adalah penghinaan terhadap sejarah tokoh2 besar Indonesia 🙏”

“Omongan tidak bermutu itu jadi pembenaran thd berbagai ketidak-adilan, pelanggaran hukum dan konstitusi — tidak memberi contoh dan cahaya terang bagi generasi muda Indonesia. Miris,”, tutup Rizal Ramli.

(Yos)