Kang Anies Baswedan

166
Anies Baswedan di Rumah Kebangsaan milik HD Sutisno di Bandung/ FOTO ANDI SOIPIANDI

OLEH Dr Memet Hakim

Kang Anies begitulah nama akrab AB di Bandung. Selain lahir di Kuningan tahun 1969, rupanya ibunya kang Anies, ibu Aliyah ketemu jodonya di Bandung, di kawasan Simpang Dago. Ayahnya kang Anies, Rasyid Baswedan adalah aktivis KAMI di Yogyakarta dan pamannya (adik ibunya, A.Ganis) bersahabat dan aktivis KAMI di Jabar. Nah bisa ditebak bagaimana ayah dan ibunya k Anies bisa ketemu.

Ibunya kang Anies, kuliah di Unpad, tapi lulusnya di IKIP. Dulu Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan di Unpad dipindahkan ke IKIP. Waktu kuliah di Bandung, ibunya kang Anies, tinggal di asrama putri jalan Banteng Dalam, yang sekarang menjadi sekolah Perawat Muhamadiyah.

Rupanya kang Anies kecil dari Kuningan sering diajak main ke tempat asrama ibunya dulu dan ketempat pamannya di kawasan Dago simpang. Ingatan tersebut masih melekat sampai sekarang. Selanjutnya orang tua kang Anies pindah ke Yogya. Biarlah di Yogya kang Anies dipanggil mas Anies di Betawi di disebut bang Anies, yang penting Aniesnya masih Anies yang idealis, ingin agar Indonesia tetap berpegang teguh pada UUD 45 yang berkeadilan dalam berbagai hal, sehingga dapat mempersempit ketimpangan dan memperkuat persatuan.

Inilah sekelumit info yang dapat disampaikan saat kang Anies menghadiri acara silaturahmi dengan tokoh Jabar di Rumah Kebangsaan milik HD Sutisno di Bandung. Nah buat warga Jabar, semoga uraian ini bermanfaat.

Bandung, 21 Januari 2023