#NGOPIPAGI: TUJUAN KEADILAN ANIES BASWEDAN

37
Anies Baswedan dalam acara silaturahmi di Bumi HD Soetisno, Bandung, Sabtu malam. /FOTO ANDI SOPIANDI

MALAM tadi di Bandung saya berkesempatan hadir Rumah Kebangsaan milik HD Sutisno di kawasan Soekarno Hatta Bandung Bumi HD Soetisno, Sabtu 21/01/23 malam. Acara yang digagas Agung Suryamal itu dihadiri sejumlah tokoh Jabar. Antara lain Nu’man Abdul Hakim (mantan Wagub Jabar), Memed Hamdan (mantan Kadisbudpar Jabar), Dindin S. Maolani, Peri Tristanto, Rizal Fadillah, Dr Memet Hakim, Andri P Kantaparwira (Gerpis) Mahpudi (Ketua IKAPI) JABAR dan ormas FKPPI.

Acara ini silaturahmi sang tokoh Anies Baswedan satu satunya yang telah siap menyatakan maju sebagai calon Presiden RI 2024. Anies telah diusung Partai Nasdem dan kunjungan ke kota Bandung dan juga Jabar adalah dalam rangka silaturahmi. Selain ke Bumi HD Soetisno ANies juga meresikan Bale Anies di Jalan Terusan Martanegara dan juga sejumlah relawan lainnya juga sholat subuh di Masjid Pajagalan Persis Bandung pada Ahad Ia akan jalan santai di Jalak Harupat Soreang Bandung dan pada siang hari akan dengan anak muda Bandung di Sabuga Bandung.

Kembali ke acara di Bumi HD Soetisno saya diberikan ruang yang luar biasa memberikan pernik kado kadeudeuh ke Anies pangsi dan kain khas Sunda yang asli dilukis tangan. Sebelumnya tokoh 77/78 dan pakar Hukum Dindin Maolani memberikan Anies Ikat Kepala khas Sunda dengan pin Kujang yang keren.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini sangat kuat dalam narasi dan membeberkan tema ekonomi kerakyakan terlalu sering dibahas. Saat buka acara diskusinya ia berujar bahwa ekonomi kerakyakan adalah ide kuat dan sang pendiri bangsa kita Bung Hatta adalah yang paling baik membedah in, kata Anies.

Anies juga mengungkap soal ilmu ekonomi dirinya selama kuliah di USA ia kuliah soal pasar modal dan valas. Ia juga sempat menyinggung pola ekonomi pancasila yang dianut gurunya Prof Mubyarto. Pandangan Anies bahwa dalam pola ekonomi kita harusnya tujuannya adalh keadilan yang hakiki.

Anies juga mengupas soal kesra yang saat distribusi tak optimal — maka yang terjadi redistribusi melalui berbagai program bantuan. Dengan kata lain, kesejahteraan hendaknya bukan karena redistribusi tadi.

“Proses distribusi harus dibenahi. Harus ditata ulang untuk kesejahteraan,” ungkap Anies.

Anies juga mengungkap bahwa pasar ekonomi hendaknya berlangsung efisien dan efektif. Membesarkan yang kecil, tanpa mengecilkan yang besar. “Jangan semua pekerjaan dikerjakan sendiri. Beban hendaknya dilakukan bersama. Demi satu kata: keadilan!,” tegasnya.

Saya melihat soal keadilan saat ini memang sangat penting. Dan tujuan bangsa ini perlu yang jelas agar pemimpin masa depan ini adalah yang diharapkan untuk membela tujuan KEADILAN yang benar. Dan jika keadilan ini Insya Allah akan menuju nilai luhur bangsa yang bermartabat. salut untuk Anies….!!!

#NGOPIPAGI dulu yuk saya di Bandung ada kopi Puntang Arabika yang nikmatnya luar biasa…Tabik…

ARCAMANIK, 22 JANUARI 2023