JAKARTASATU.COM — Lembaga survei Citra Survei Indonesia (CSI) merilis hasil survei potensial Pilkada Gubernur Jabar (Pilgub), Selasa (21/3/2023).

Nama Ridwan Kamil (RK) termasuk yang memiliki potensi besar sebagai Gubernur Jawa Barat. Menurut CSI, hasilnya ada 10 nama juga yaitu:

1. Ridwan Kamil 22,5%
2. Ono Surono 17,3%
3. Dedi Mulyadi 11,1%
4. M Iriawan 10,6%
5. Uu Ruzhanul Ulum 9,5%
6. Saan Mustopa 7,4%
7. Bima Arya 5,0%
8. Netty Prasetiyani 4,2%
9. Celica Nurrachadiana 1,6%
10. Taufik Hidayat 3,1%

Dr. Gede Moenanto Soekowati M.I.Kom, selaku Ketua PKKPI menyebutkan berdasar hasil survei, Gubernur yang akan datang masih mendominasi pilihan masyarakat yang masih kenal atau yang sedang menjabat. Tingkat keterpilihan (elektabilitas) mereka masih lumayan meski hasilnya tipis hasilnya dan akan datang para pendatang baru yang saiap ke Gedung Sate. “Kalau dilihat RK masih ingin ke capres tapi hasilnya RK itu elektabilitas stagnan dia masih kalah sama calon yang lain, “ungkap Gede yang juga dewan pakar CSI dan Dosen komunikasi Universitas Pancasila Jakarta saat ketemu media merilis survei CSi di Bandung 21 Maret 2023 elektabilitas

Aendra Medita, Direktur Eksekutif CSI mengatakan ada yang menarik soal suara yang terjadi, terlebih mengenai Gubernur Jabar.

“Perlu di juga di waspadai nanti soal pasangan siapa yang akan disandingkan,” tutur Aendra.

Pengumpulan survei data dilakukan sejak 27 Februari – 9 Maret 2023 di Jawa Barat. Metode multistage random sampling, wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Dengan jumlah responden 1200 responden responden menggunakan kuesioner dilengkapi riset kualitatif dengan Margin of error ± 2.8 %

Ridwan Kamil masih populer sebagai Gubernur di Jawa Barat, pada periode selanjutnya. Meskipun, menurut survei masyarakat Jabar tidak tahu 3,1% dan masih belum menentukan pilihan 6,7%. Akhirnya kita lihat nanti apakah RK akan dua periode atau “maksa” nyapres?

(INJ/CR JAKSAT)